Wisatawan mancanegara berkunjung ke Kabupaten Sumenep, beberapa waktu lalu.

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali ‘jor-joran’ menyukseskan Sumenep Visit Year 2019 ini. 

Tahun kunjungan wisata 2019 merupakan kelanjutan dari program kunjungan wisata yang dicanangkan Pemkab sejak beberapa tahun lalu. 

Menariknya, even yang akan dihelat tahun 2019 ini dipastikan jauh lebih banyak dari tahun lalu, yakni ada sekitar 42 even dengan penyelenggara beragam pula.

“Ada sekitar 42 even yang akan kita selenggarakan tahun ini, itu terdiri dari even kepariwisataan tingkat regional dan nasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto, Senin (14/1/2019).

Kata Sofi, banyaknya even tersebut demi menggaet minat wisatawan manca negara (wisman) untuk datang berkunjung ke Kabupaten berjuluk Kota Keris ini.

“Karena kami menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumenep hingga 10 ribu orang pada tahun 2019,” tegasnya. 

Meski target kunjungan wisman ke Sumenep pada tahun 2018 tidak tercapai, Sofi mengaku yakin, untuk tahun ini akan ada peningkatan kunjungan, khususnya wisatawan manca. 

“Itu sudah target logis bagi kami. Kalau tahun lalu tidak mencapai target, karena lebih banyak disebabkan faktor alam, yaitu adanya beberapa bencana yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia,” paparnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2018, Pemkab Sumenep menargetkan kunjungan wisman sebanyak 5000 orang, tapi yang berwisata ke Sumebep hanya sekitar 3.500 orang saja.

Meski ada 30 lebih even di tahun 2018, nyatanya jumlah kunjungan wisman tersebut jauh lebih rendah dari tahun tahun 2017, yakni mencapai 4 ribu orang.

Nanun, untuk kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun 2018 memang mengalami kenaikan, yakni mencapai 1.457.766 orang, jumlah tersebut melebihi target 1.250.000 wisatawan. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.