Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur merilis cuaca hari ini normal, namun warga diimbau tetap mewaspadai adanya angin kencang dan gelombang air laut tinggi.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, menyatakan cuaca di Kabupaten berslogan Gerbang Salam akan cerah berawan di pagi hari dengan suhu 26 °C, kelembaban 90 %, kecepatan angin mencapai 9.26 km/jam dari arah tenggara.

“Siang nanti prediksi akan terjadi hujan ringan dengan suhu 32 °C, kelembaban 60 %, kecepatan angin lumayan yaitu 18.52 km per jam, kecepatan angin hingga malam nanti cuma ada perubahan arah, dini hari nanti kecepatan angin kembali normal,” katanya, Kamis (10/1/2019).

Arah angin cenderung sangat bervariasi dan bisa berubah kapan saja, menurut prakiraan angin akan didominasi dari arah Barat Daya – Barat Laut, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa 20 knots (37 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 24 knots (44 km/jam).

“Oleh karenanya warga tetap waspada namun tidak usah risau, semua memang harus diwaspadainya,” tambah Budi.

Untuk para pelaut, tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 0.5 – 1.0 meter, di Selat Madura antara 0.3 – 0.5 meter dan di perairan Samudera Hindia selatan Jawa Timur antara 0.8 – 2.0 m.

“Selamat beraktifitas, mohon untuk tetap berhati-hati dan senantiasa, perhatikan cuaca sebelum beraktifitas, jika ada kejadian sekecil apapun segara laporkan,” tegas pria berkumis itu.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.