Selasa, November 29, 2022

Dana Desa Belum Semuanya Cair Pekerjaan Sudah 100 Persen

Must read

- Advertisement -

Pamekasan, (Media Madura) – Meski pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga belum cair, namun sudah banyak desa yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur pekerjaannya telah mencapai 100 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Achmad Faisol mengatakan, banyak desa yang melaksanakan pembangunan desa dengan menggunakan anggaran dana desa (DD) yang pekerjaannya sudah selesai.

“Walaupun DD tahap ketiga ini belum cair. Laporan yang kami terima dari para Kepala Desa (Kades) sudah banyak yang melaksanakan pekerjaannya mencapai 100 persen,” terang Achmad Faisol Selasa (16/9/2018).

Dengan pencapaian hasil kinerja atau realisasi pembangunan yang sudah terselesaikan, berarti negara yang mempunyai hutang terhadap desa.

Menurut Faisol apa yang sudah dilakukan oleh desa itu sah saja sepanjang tidak menyalahi aturan.

“Apa yang telah dilakukan oleh desa itu tidak menyalahi aturan yang ada. Yang penting disaat diserahkan itu dalam posisi 100 persen. Memang resikonya kalau misalkan ada kerusakan, ya itu tanggung jawab desa, kalau di kontraktual itu biasanya masa pemeliharaan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk mencairkan DD tahap ke tiga, desa harus melakukan pelaporan pencapaian realisasi kinerja sebesar 50 persen dan dengan serapan dana dari rekening desa sebesar 75 persen.

“DD tahap ketiga ini bisa cair jika Kades sudah melaporkan pencapaian realisasi kinerja sebesar 50 persen. Dengan serapan dana dari rekening desa sebesar 75 persen,” tutupnya.

Faisol berharap, uang pencairan DD tahap ketiga di bulan Oktober sudah ada di Kasda, sehingga ada batas waktu selama tiga bulan bagi desa untuk menyelesaikan yang 100 persen.

Reporter : Zubaidi
Editor : Ist

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article