Tembakau rajangan tengah proses jemur

Pamekasan, (Media Madura) – Tembakau jawa rupanya sudah masuk ke Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Hal itu diduga karena lemahnya pengawasan.

Dikatakan oleh salah seorang warga, mayoritas tembakau jawa masuk ke daerah Desa Polagan dan Ponteh Kecamatan Galis. Tembakau Jawa sangatlah berbeda dengan tembakau asli Madura.

“Tembakau Jawa sudah masuk ke Pamekasan, saya kemarin lihat di Daerah Desa Poteh dan daerah Pasar Keppo,” kata warga yang namanya enggan dimediakan ini. Kamis (6/8/2018).

Dengan masuknya tembakau luar Madura itu, dihawatirkan akan merusak sistem tataniaga tembakau di Bumi Gerbang Salam, salah satunya akan merusak harga.

“Kalau begini bisa merusak harga tembakau yang asli disini,” tambah pria berkumis itu.

Sementata Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Pamekasan, Mohammad Yusuf Wibiseno mengungkapkan, pihaknya telah enam kali melakukan operasi di jalan raya selama musim panen tembakau dan tidak menemukan tembakau Jawa Masuk Madura.

“Sejauh ini belum ditemukan adanya tembakau Jawa masuk Madura,” katanya pada wartawan.

Namun jika menemukan tembakau Jawa masuk Pamekasan di jalan, maka tetap di lakukan penghadangan, hal itu dilakukan sebagai bentuk tindakan preventif atau pencegahan.

“Jadwalnya tidak setiap hari, karena kita tidak bisa operasi secara door to door, serta karena keterbatasan kegiatan,” tambah Yusuf.

Pengawasan terhadap masuknya tembakau Jawa ke wilayah Madura terus digalakkan sejak musim panen tembakau oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pamekasan, bersama TNI, Polri dan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Reporter: Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.