Pantai Sembilan tampak dari udara (Foto: Kades Beringsang)

Sumenep, (Media Madura) – Ratusan wisatawan mancanegara (wisman) dengan kapal pesiar kembali berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (3/9/2018). Kapal pesiar tersebut sandar di perairan Kecamatan/ Pulau Giligenting.

Namun sayang, bule berjumlah 140 orang itu hanya 26 orang saja mengunjungi objek wisata di Kecamatan Kota Sumenep. Sebagainana diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sofiyanto.

“Ya, hanya 26 wisman yang mengunjungi wisata di kota Sumenep, lainnya menikmati keindahan Pantai Sembilan di Pulau Giligenting, dan tidak ikut rombongan ke Sumenep,” tuturnya.

Sofi tidak menjelaskan mengapa lebih banyak wisman yang hanya tertarik ke destinasi Pantai Sembilan. Ia hanya mengatakan, wisman yang turun ke daratan diataranya mengunjungi Pendopo Agung, Museum Keraton Sumenep dan Masjid Jamik.

“Mereka saat di Meusem Keraton melihat sejumlah peninggalan bersejarah raja-raja Sumenep, termasuk juga melihat peristirahatan raja dan Taman Sare (taman pemandian putri),” imbuhnya.

Sofi berujar, kedatangan wisatawan luar negeri dengan menggunakan kapal pesiar itu hingga bulan ini sudah 5 kali kunjungan. Dan, menurut data di Disparbudpora masih ada beberapa kali lagi kapal pesiar yang dijadwalkan datang ke Kota Keris hingga akhir tahun ini.

Sementara menurut catatan mediamadura.com, kedatangan wisman dengan kapal pesiar edisi sebelum-sebelumnya juga tidak seluruh wisma turun dari kapal untuk berlibur ke objek wisata andalan Pemkab seperti Pantai Lombang dan Slopeng. Sebaliknya, sebagian besar lebih memilih bertahan di lapal atau berjemur di Pantai Sembilan.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.