Ilustrasi siswa SD

Pamekasan, (Media Madura) – Kabid SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur Rasyidi mengatakan, Disdik akan menambahkan syarat bagi calon siswa-siswi Muslim yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu tingkat SMP.

Syaratnya, tambah Rasyidi, yaitu calon siwa-siswi yang ingin masuk SMP dan sederajat harus bisa baca tulis Al-quran.

“Kami berencana mengusulkan Peraturan Daerah (Perda), di mana nantinya setiap siswa yang sudah lulus SD dan hendak masuk SMP harus fasih baca tulis Al-quran,” terang Rasyidi, Rabu (4/9/2018).

Namun, tambah Rasyidi, nantinya yang belum fasih baca tulis Al-quran bukan tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka nantinya akan tetap diajarkan sampai bisa.

“Tapi, yang sudah fasih baca tulis Al-quran nantinya akan lebih diutamakan,” tambahnya.

Menurutnya, selama ini memang sudah ada Perda baca tulis Al-quran di Kabupaten yang mempunyai slogan Gerbang Salam. Tetapi, tidak disebutkan sebagai persyaratan masuk SMP. Maka, perda tersebut harus direvisi supaya sesuai dengan keinginan bersama.

“Siswa yang belum bisa baca tulis Al-quran akan kita usulkan dan menjadi catatan agar yang bersangkutan tetap diajari membaca Al-quran hingga bisa,” pungkasnya.

Agar mengetahui hasil baca tulis Al-quran siswa. Nantinya, Disdik akan menggelar uji kompetensi bagi setiap lulusan SD dan setiap tahunnya akan dibuktikan dengan sertifikat.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.