Ketua KPU Sumenep, A. Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur resmi mencoret belasas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sehingga tidak akan masuk pada Daftar Calon Sementara (DCS) yang akan diumumkan pada akhir pekan ini.

“Ada belasan bacaleg yang dipastikan tidak akan masuk DCS, karena mereka tidak memenuhi syarat,” terang Ketua KPU Sumenep, Rabu (8/8/2018).

Mereka yang tidak lulus verifikasi berkas semuanya bermasalah dengan syarat ijazah, ada yang tidak melampirkan ijazahnya dan ada juga meski melampirkan, tetapi tidak dilegalisir. 

“Mereka tidak memperbaiki berkas meski sudah diberi jadwal masa perbaikan berkas bacaleg,” ucapnya.

Disisi lain, saat ini KPU sedang melakukan klarifikasi terkait ijazah bacaleg ke sejumlah daerah di luar Madura diantaranya Kabupaten Gresik, Surabaya dan Kediri.

“Dari belasan bacaleg yang dinilai tidak memenuhi syarat itu masih bisa bertambah, karena kami saat ini masih sedang melakukan klarifikasi,” tegasnya.

Kata Warits, hari Minggu tanggal 12 Agustus mendatang pihaknya akan menetapkan DCS, kemudian mengumumkannya dan minta tanggapan masyarakat, baru setelah itu pihaknya akan menetapkan DCT.

Sesuai data di KPU, terdapat 617 bacaleg dari 16 partai. Mereka terdiri dari 361 laki-laki dan 256 perempuan berasal  dari 16 partai politik. Mereka akan memperebutkan 50 kursi dari 7 daerah pemilihan (dapil). 

Reporter: Rosy

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.