Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang akan banyak Partai Politik (Parpol) tidak punya kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Dikatakan oleh salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Moh Subhan, banyaknya parpol tersingkir di senanyan karena pemberlakuan Parliamentary Threshold (PT). PT merupakan ambang batas minimal perolehan suara yang harus dimiliki oleh setiap parpol untuk dapat diikutsertakan dalam penghitungan perolehan kursi pemilihan.

“Pada pemilu 2019, besaran PT empat persen dari total suara sah secara Nasional. Artinya hanya parpol yang memperoleh suara sah sampai empat persen atau lebih yang dapat diikutkan,” katanya, Jumat (3/8/2018).

Ketentuan PT tersebut dimungkinkan hanya berlaku untuk proses penghitungan perolehan Kursi DPR RI. Untuk penghitungan perolehan kursi pemilihan anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, tidak ada PT.

“Dengan demikian sangat dimungkinkan terdapat Parpol yang tidak memperoleh kursi di DPR, namun memperoleh kursi DPRD Provinsi, Kabupaten dan/atau Kota,” tambah Subhan.

Langkah penetapannya, urai mantan aktifis PMII Pamekasan itu, hasil perolehan suara dari seluruh TPS direkap secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan oleh PPK sampai dengan tingkat Nasional oleh KPU RI. Dari proses rekapitulasi perolehan suara di KPU ini ditetapkan total perolehan suara sah setiap Parpol dari seluruh Dapil/Provinsi.

“Penjumlahan keseluruhan perolehan suara sah Parpol dari semua Dapil/Provinsi didapat total suara sah secara Nasional kemudian dihitung persentase perolehan suara sah setiap Parpol dengan cara suara sah masing-masing Parpol dibagi dengan total suara sah Nasional dikalikan dengan seratus persen,” urainya.

“Dari persentase perolehan suara sah setiap parpol, kemudian ditetapkan Parpol yang mencapai PT dan Parpol yang tidak mencapai PT,” sambung Subhan menutup percakapan.

Reporter: Rifqi
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.