Jumat, Mei 20, 2022

Hanya Gara-gara Ini, Infrastruktur Kepulauan Sumenep tak Bisa Pakai DAK

Must read

Sumenep, (Media Madura) – Tahun ini Kabupaten Sumenep, Madura,Jawa Timur mendapat suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 34,5 miliar dari pemerintah pusat.

Tapi sayang, dana tersebut tidak bisa dialokasikan untuk perbaikan atau pembangunan infrastruktur di wilayah Kepulauan, lanrltaran jalan Kepualauan tidak bersambung dengan jalan nasional.

“Memang, DAK tidak bisa buat infrastruktur Kepulauan, karena jalan di kepulauan tidak nyambung dengan jalan nasional,” kata Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto, Jum’at (3/8/2018).

Sesuai aturan, menurut Erik, anggaran yang bersumber dari APBN harus direalisasikan pada jalan yang memiliki koneksi pada jalan nasional atau provinsi, untuk jalan di Kepulauan tidak bisa

“Untuk semua pembangunan jalan di kepulauan harus menggunakan anggaran dari APBD. Tahun ini di Bina Marga dari APBD sebanyak 73,5 persen daribtotal Rp 51 miliar,” terang Erik.

Dilain pihak, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengaku pembangunan kepulauan membutuhkan bantuan dari APBN. Karena APBD Sumenep tidak cukup apabila digunakan untuk pembangunan di kepulauan.

“Kami meminta kepada Pemerintah Pusat agar dibantu untuk pembangunan di kepulauan. Sedangkan untuk infrastruktur daratan, biar kami (APBD) yang menangani,” katanya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Sumenep terdiri dari 126 pulau. Dari 27 kecamatan, 9 diantaranya berada di wilayah kepulauan, dan masalah infrastruktur meruapakan persoalan yang selama ini kerap dikeluhkan oleh masyarakat wilayah Kepulauan.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article