Staff KPU melakukan verifikasi sejumlah berkas

Sumenep, (Media Madura) – Pasca perbaikan berkas, sejumlah partai pokitik (Parpol) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terpaksa menganti sebagian bakal calon legislatif (bacaleg) dengan calon lain.

Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa menuturkan, terdapat beberapa parpol yang mengganti bacaleg. Itu diketahui setelah parpol menyerahkan berkas perbaikan bacaleg pada tanggal 31 Juli 2018.

“Iya benar, memang ada beberapa partai yang mengganti bacaleg,” terangnya, Jum’at (3/8/2018).

Namun saat ini, kata Malik, pihaknya masih melakukan verifikasi terhadap berkas yang diperbaiki parpol, sehingga jumlah bacaleg yang diganti belum diketahui secara pasti.

“Kalau alasan partai mengganti bacaleg, di antaranya karena mengundurkan diri, ada juga yang tidak mampu melengkapi kekurangan berkas saat proses perbaikan,” terang Malik.

Sesuai tahapan Pemilu 2019, KPU menutup perbaikan berkas bacaleg pada 31 Juli 2018. Sesuai tahapan saat ini KPU sedang memverifikasi atau melakukan penelitian berkas perbaikan bacaleg. Verifikasi dimulai pada tanggal 1-7 Agustus 2018.

Menurut Malik, selama proses penelitian berkas perbaikan, parpol tidak lagi bisa mengganti Bacaleg, karena proses perbaikan sudah selesai dilakukan. Apabila terdapat beberapa berkas bacaleg yang tidak lengkap, maka secara otomatis tidak bisa mengikuti pemilu 2019.

Sesuai data di KPU, terdapat 617 bacaleg dari 16 partai. Mereka terdiri dari 361 laki-laki dan 256 perempuan berasal  dari 16 partai politik. Mereka akan memperebutkan 50 kursi dari 7 daerah pemilihan (dapil).

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.