Warga melihat langsung gundukan pasir yang muncul tiba-tiba

Sumenep, (Media Madura) – Sepekan terakhir, warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dibuat heboh dengan munculnya dua pulau baru, yang misterius, yakni di Pulau Giligenting dan Pulau Sapeken.

Di Pulau Giligenting, fenomena itu berupa gundukan pasir, sementara di Pulau Kangean berupa hamparan karang. Saat ini kedua tempat tersebut telah menyedot minat masyarakat di sekitar lokasi untuk mendatanginya. 

Namun, meski dua pulau baru itu menjadi pembicaraan nitizen di berbagai media sosial, pemerintah setempat belum mendatanginya, apalagi melakukan penelitian.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengaku telah mengetahui munculnya fenomena misterius tersebut. Namun ia mengaku belum tahu secara pasti, apa di balik fenomena tersebut.

“Masih belum (dilakukan penelitian). Nanti pemerintah daerah akan mencoba melihat secara langsung, fenomena apa yang terjadi dari gundukan-gundukan pasir dan karang yang tiba-tiba ada itu,” kata Fauzi, Rabu (1/8/2018).

Khusus pulau baru yang muncul di Giligenting, menurutnya, di daerah tersebut sebelumnya memang ada beberapa karang yang pasirnya diambil orang-orang tak bertanggung jawab. Sehingga pada saat ada ombak besar, secara perlahan-lahan, kembali ada gundukan pasir.

“Makanya, ke depan ini menjadi tugas bersama untuk menjaga pasir itu agar tak sampai diambil lagi oleh orang tak bertanggung jawab,” tambahnya.

Sementara mengenai hamparan karang di Sapeken, Fauzi mendapat info dari masyarakat yang muncul misterius itu bukan berupa gundukan pasir, seperti yang di Giligenting, melainkan berupa gundukan karang, yang muncul ke permukaan air di tengah laut.

“Mungkin itu bagian dari fenomena yang kami belum tahu fenomena apa itu. Mungkin nanti kami akan mencari tahu, biar diketahui secara langsung, itu akibat fenomena apa,” pungkasnya.

Untuk sementara ini, ia berharap masyarakat tidak perlu panik dengan membuat dugaan-dugaan yang menyesatkan. Kalau masalah fenemoma menarik perhatian warga, pihaknya dapat memaklumi. 

“Namanya fenomena baru, ya pasti viral lah. Tapi, semua kejadian pasti ada penjelasan ilmiahnya, karenanya kita cari tahu, apa dibalik fenomena itu,” tandasnya. 

Reporter : Rosy
Editor : Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.