Salah satu lokasi penghijauan di Sampang berada di Hutan Kota. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – DPRD Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mendorong program penghijauan wilayah kota. Untuk itu, wakil rakyat berencana akan mengusulkan pembentukan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan lingkungan. Rabu (1/8/2018).

Hal ini dilakukan karena program penghijauan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berupa penanaman pohon di Taman Kota atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) belum maksimal.

“Program itu masih belum maksimal, apalagi saat ini RTH yang ada tidak mencapai 30 persen dari luas kota,” kata anggota Komisi II DPRD Sampang Moh Hodai.

Menurut Hodai, sejatinya sistem program penghijauan yang diterapkan DLH semakin baik dan berkembang. Karena selain melakukan kegiatan penanaman pohon juga rutin melakukan pemeliharaan tanaman. Baik tanaman di Taman Kota dan di pinggir jalan.

”Kekurangan dalam program itu ialah DLH belum mempunyai SOP kesehatan lingkungan, padahal SOP itu sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan kegiatan penghijauan,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan SOP tersebut tingkat keberhasilan program penghijauan bisa lebih terukur. Sehingga, anggaran yang dikeluarkan bisa diimbangi dengan hasil kerja yang maskimal dan sesuai dengan perencanaan.

”Jadi prinsip dan tujuan pembentukan SOP begitu, kami akan segera berkoordinasi dengan DLH untuk membahasnya,” tuturnya.

Dia menjelaskan, dalam SOP tersebut akan diatur sejumlah pedoman standart yang berkaitan dengan program tersebut. Misalkan, jenis pohon yang akan ditanam, tinggi pohon, dan kondisi alam sekitar. Sebab, tidak semua pohon bisa tumbuh dan hidup di sembarang tempat.

”Jenis dan ukuran pohon yang akan ditanam harus diperhatikan dan dengan kondisi alam sekitar, terutama bibit pohon yang akan ditanam di taman, pinggir jalan dan di pekarangan warga,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Konservasi Rehabilitasi dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang Imam Irawan menyambut baik rencana pembentukan SOP. Selama ini kegiatan penanaman dan perawatan pohon tanaman di Sampang berjalan dengan baik dan sesuai dengan pedoman dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Tapi akan lebih bagus jika ditopang dengan SOP penghijaun,” tutupnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.