Sumenep, (Media Madura) – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tercatat memiliki 30 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan d8 Puskesmas diantaranya berada di wilayah kepulauan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, A. Fathoni menyampaikan, semua Puskesmas yang ada di Sumenep sudah diakreditasi, kecuali lima Puskesmas yang dijadwalkan untuk dilakukan akreditasi ulang. 

“Hal itu sesuai aturan, setiap 3 tahun Puskesmas harus dilakukan akreditasi, Puskesmas yang akan dilakukan akreditasi ulang itu telah dilakukan akreditasi pada 2016 lalu,” katanya, Senin (30/7/2018).

Fathoni menguraikan, lima Puskesmas yang akan dilakukan akreditasi ulang, tiga diantaranya Puskesmas Guluk-guluk, Puskesmas Dasuk dan Puskesmas Pemolokan.

“Diharapkan setelah akreditasi pelayanan lebih baik, angka pesakitan dan juga rujukan menurun, karena sudah bisa ditangani di Puskesmas, sehingga pasien tidak perlu dibawa ke rumah sakit,” harapnya.

Fathoni mengklaim, jumlah pasien di rumah sakit berkurang sejak 30 Puskesmas dilakukan akreditisi. “Coba lihat. Rumah sakit mulai sepi. Karena pasien sudah bisa ditangani Puskesmas,” klaimnya. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.