Ketua KPU Kabupaten Pamekasan, Mohammad Hamzah

Pamekasan, (Media Madura) – Dua daerah pemilihan (Dapil) masing-masing Dapil 3 dan 4 pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami perubahan.

Dikatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Moh Hamzah, dapil yang mengalami perubahan yakni dapil 3 meliputi Kecamatan Batumarmar, Pasean dan Kecamatan Waru sebelumnya mendapat jatah 10 kursi saat ini berubah menjadi 9 kursi.

“Dua dapil sudah ditetapkan perubahan jatah kursinya untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 memdatang,” katanya, Sabtu (14/7/2018).

Dapil lainnya yang juga mengalami perubahan yakni dapil 4 meliputi Kecamatan Kadur, Pegantenan dan Kecamatan Pakong, pada pileg 2014 lalu memiliki jatah 9 kursi kini ditambah menjadi 10 kursi.

“Dapil tiga dikurangi sementara dapil empat bertambah, jadi satu dapil berkurang dan satu dapil lainnya bertambah, itu perubahan yang terjadi,” tambah Hamzah.

Penetapan perubahan itu urai Hamzah, sudah sesuai dengan sistem penentuan suara berdasarkan Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang diterapkan di pemilu 2019.

Sementara untuk dapil lainnya tidak mengalami perubahan, dapil 1 meliputi Kecamatan Kota dan Tlanakan tetap mendapat jatah 8 kursi, dapil 2, Kecamatan Palengaan dan Proppo memiliki 9 kursi dan dapil 5 meliputi Kecamatan Larangan, Pademawu dan Kecamatan Galis tetap mendapat jatah 9 kursi.

Dari perubahan tersebut, KPU sudah melaksanan sosialisasi kepada partai peserta Pileg 2019.Perubahan jatah kursi DPRD di dua dapil tersebut lantaran adanya perubahan jumlah penduduk di dua dapil itu. Tetapi, tidak sampai merubah jumlah kursi DPRD secara keseluruhan, mengingat jumlah penduduk di Pamekasan kurang dari 1 juta dan lebih dari 500 penduduk. Artinya, jumlah kursi tetap sebanyak 45 kursi.

Reporter : Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.