Sejumlah penumpang terlantar di Pelabuhan Kalianget

Sumenep, (Media Madura) – Sejumlah calon penumpang terlantar di luar Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (9/7/2018). 

Mereka menunggu pemberangkatan kapal, namun tidak bisa masuk ke terminal penumpang kawasan pelabuhan Kalianget lantara pintu diduga sengaja ditutup oleh petugas.

Akibatnya, calon penumpang terpaksa istirahat di luar pintu masuk pelabuhan yang nampak tidak layak. Namun bagi mereka yang memiliki kerabat di sekitar pelabuhan, terpaksa harus menumpang di rumah kerabatnya itu. 

“Kami di sini sejak tadi malam karena pintu menuju ruang tunggu penumpang tidak dibuka,” tutur salah satu calon penumpang asal Desa Tanjung Kiaok, Kecamatan Sapeken, Moh. Saleh.

Saleh mengungkapkan, dirinya dan sejumlah penumpang lain terpaksa istirahat di tempat seadanya karena memang tidak bisa masuk ke dalam, serta tidak memiliki kerabat di dekat pelabuhan

“Ya terpaksa mas istirahat di tempat yang seperti ini (kurang layak),” sambungnya.

Ditanya mengenai tidak dibukanya terminal penumpang, apakah ada keterangan resmi dari pihak KSOP atau tidak, Saleh mengaku hanya mendapat informasi jika dirinya tidak bisa masuk karena bukan calon penumpang KM Darma Bahari Sumekar.

Namun pengakuan calon penumpang tersebut dibantah oleh Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Kalianget, Edi Sucipto. Menurutnya, informasi yang sampai calon penunpang tidak benar.

“Tidak benar (jika ada pengecualian calon penumpang yang boleh masuk pelabuhan). Karena pemerintah membangun terminal penumpang untuk semua calon penumpang,” ucapnya.

Bahkan Edi mempersilahkan siapa pun dan calon penumpang kapal motor apa pun untuk masuk ke terminal penumpang guna menunggu pemberangkatan kapal,

“Silahkan masuk (ke terminal penumpang) untuk menunggu diberangkankannya kapal,” katanya. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.