Warga saat mengecat rumah dengan gambar bintang sepak bola dunia. Foto : facebook @badrut Khafi

Pamekasan, (Media Madura) – Di Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, merupakan kampung piala dunia. Pasalnya di daerah ini warga melakukan pengecatan bendera kontestan piala dunia mulai dari pagar rumah sampai ke kamar tamu dan kamar tidur.

Tidak hanya itu, warga juga memasang bendera tim yang didukungnya dengan ukuran yang besar di depan rumah-rumah di desa ini. Hal itu dilakukan setiap penyelenggaraan piala dunia, tidak terkecuali tahun 2018 ini.

Warga desa setempat, Baddrut Tamam menuturkan, warga di desanya memang mayoritas menyukai sepak bola, sehingga setiap penyelenggaraan piala dunia warga mengecat rumahnya masing-masing dengan bendera negara peserta piala dunia yang didukung dan hal itu sudah menjadi tradisi sejak bertahun-tahun lamanya.

“Selain mengecat bendera, di rumah-rumah warga juga dicat wajah bintang sepak bola dunia,” katanya.

Warga lain, Fathor Rahman, menuturkan, rumahnya sengaja dicat bendera Argentina dan gambar Messi. Karena dirinya memiliki keyakinan, Argentina akan juara tahun ini dengan gemilangnya penampilan Lionel Messi dan pemain lainnya.

“Saya Argentina dengan Lionel Messi yakin juara,” tuturnya.

Di desa ini memang dikenal menyukai sepak bola, mulai dari yang tua hingga anak-anak. Bahkan saat perhelatan piala dunia warga setempat menyiapkan layar lebar untuk nonton bersama.

Namun meskipun banyak yang berbeda dukungan tim, mereka rukun tidak sampai saling hujat tim kebanggan masing-masing saat pertandingan. Karena hal tersebut merupakan cara untuk menjalin silaturrahim.

Sementara itu, Kepala Desa Tentenan Timur, Farid Afandi mengatakan, pernak-pernik piala dunia di desanya itu rutin dilakukan warga setiap perhelatan pesta sepak bola tingkat dunia.

Dikatakan jalan utama bahkan gang kecil menuju rumah-rumah warga penuh dengan pernak-pernik piala dunia, selain lukisan juga pengibaran bendera.

“Ya disini sudah setiap empat tahun sekali, warga tidak sama tergantung ia mau dukung negara mana, kalau lukisan di tembok banyak wajah pemain yang akan berlaga di piala dunia,” katanya, Senin (11/6/2018) siang.

Wajah pemain yang digambar, kata dia, merupakan pemain idolanya, seperti Neymar asal Brazil, Lionel Messi dari Argentina, Mesut Ozil dari Jerman dan maskot piala dunia Rusia.

“Warga kami selalu antusias menyambut piala dunia atau Piala Eropa dengan cara mengecat rumah, pagar dan bendera ukuran raksasa dikibarkan di depan rumah-rumah warga,” tambah Farid yang mengaku menjagokan Brazil itu.

Reporter: Rifqi
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.