Pamekasan, (Media Madura) – Guna mendorong minat baca anak usia dini, sebuah komunitas rumah baca yakni Compok Literasi, Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan mengadakan sebuah lomba membaca cerita. Senin (11/09/18) siang.

Lomba membaca cerita tersebut tergolong menarik karena anak-anak usia dini ini harus membaca cerita turunnya Alquran. Puluhan anak dari berbagai lembaga pendidikan di desa ini turut ambil bagian.

Salah satu pengurus Compok Literasi, Jamilatus Sa’diyah menuturkan, kegiatan tersebut digelar guna terus mendorong minat baca anak-anak sejak usia dini.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga digelar guna terciptanya lingkungan yang gemar membaca dan terciptanya hubungan antara pelajar yang sama-sama gemar membaca.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh tim Compok Literasi guna membangun komunikasi lintas generasi dan antar lembaga pendidikan dasar di desa ini”, tegasnya.

Selain itu, kata Jamila, tidak sekedar membangun silaturrahmi dan melatih membaca cerita, kegiatan tersebut pada akhirnya mendorong keberanian anak-anak desa usia SD/MI dari berbagai sekolah di desa Bangkes untuk tampil di depan publik.

Pengalaman membaca cerita di depan umum, kata dia, merupakan pengalaman pertama bagi para peserta lomba tersebut. Diharapkan di tahun-tahun selanjutnya kegiatan positif semacam ini terua dapat dilaksanakan.

“Dengan pergerakan edukasi melalui membaca secara mandiri ini diharapkan para generasi Indonesia utamanya yang di desa mampu mengambil manfaat dari hasil bacaannya sehingga berdampak positif bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya,” katanya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.