Jelang Mudik Lebaran, Pemkab Sumenep Diminta Perbaiki Sistem Tiket Kapal

Sejumlah penumpang kapal di Pelabuhan Kalianget jurusan Kepulauan

Sumenep, (Media Madura) – Menjelang mudik lebaran 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur diminta segera memperbaiki sistem pemesanan tiket kapal di sejumlah pelabuban, khususnya pelabuhan Kalianget.

Hal itu didengungkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Mahasiswa Kangean Indonesia (KMI). Pasalnya, selama ini sistem pemesanan tiket kapal masih terkesan amburadul, sehingga kerap dikeluhkan masyarakat

Menurut mereka, deretan masalah pertiketan tersebut di antaranya sering kehabisan tiket. Belum lagi maraknya calo tiket di Pelabuhan Kalianget saat menjelang mudik lebaran.

“Kami mendesak selain manual pemesanan tiket kapal, juga bisa dilakukan secara online. Selain itu, kami juga mendesak agar aparat penegak hukum menindak tegas para calo tiket kapal,” ujar Ketua KMKI, Murida, Selasa (5/6/2018).

Menurut Muridan, seharusnya menjelang mudik lebaran seperti saat ini, Pemkab harus membentuk tim pengawas di Pelabuhan Kalianget, sehingga pada saat terjadi adanya dugaan pelanggaran bisa langsung ditindak tegas. 

Di samping itu, pihaknya juga mendesak Pemkab menyediakan tambahan armada kapal agar pada saat arus mudik lebaran tidak ada penumpang yang tertinggal di pelabuhan dan mengantisipasi terjadinya over load.

“Kami minta adanya penambahan armada kapal agar semua penumpang terangkut ke Kepulauan,” tandasnya.

Sekedar diketahui, persoalan layanan kapal ke sejumlah daerah Kepulauan di Sumenep memang seolah menjadi persoalan klasik. Msalah tersebut mulai dari persoalan tiket, hingga persoalan muatan penumpang yang kerap over load.

“Intinya, masyarakat Kepulauan hanya menginginkan keadialan dengan adanya layanan yang nyaman saat hendak ke menyebrang ke pulau dan sebalikya. Dan kami berharap pemerintah mendengarkan aspirasi ini,” tutupnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.