Pamekasan – Untuk mempertebal Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, terutama dibulan Suci Ramadhan, anggota Kodim 0826 Pamekasan menerima Pembinaan Mental Rohani bertempat di Aula Makodim jalan Letnan Maksum Nomor 12 Kelurahan Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Senin ( 04/06/18 ) sore.

Pelaksanaan bintal rohani dilingkungan internal Kodim 0826 Pamekasan mendatangkan KH Darussalam Sakrani Pinponpes Darussalam Kelurahan Jungcangcang Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan.

Pembinaan Mental Rohani tersebut, diikuti oleh Anggota Militer, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLV Kodim 0826 Pamekasan sebanyak 200 orang.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLV Kodim 0826 Pamekasan Ny. Anggie Nuryanto, Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran.

Kapten Inf Sumarno Pasi Pers Kodim 0826 Pamekasan mewakili Komandan Kodim 0826 Pamekasan dalam sambutannya menyampaikan, ucapan Syukur kehadirat Allah SWT pada hari ini kita masih diberikan Nikmat dan Hidayah untuk menjalankan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan.

Mengajak anggota yang hadir dalam kegiatan Bintal Rohani untuk meningkatkan kualitas ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan, puasa pada hakekatnya bukan sekedar menahan makan dan minum melainkan juga menahan hawa nafsu.

Sementara itu KH Darussalam Sakrani, dalam ceramah agamanya menyampaikan bahwa, bulan duci ramadhan adalah bulan ketaatan, pendekatan diri, kebajikan, kebaikan, sekaligus sebagai bulan penuh rahmat, pengampunan, dan keridhaan.

“Padanya pula tedapat lailatul qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan, Bulan pertama diturunkannya Al-Qur’an, Mari kita manfaat bulan suci yang hanya terjadi setahun sekali ini dengan banyak beribadah, perbanyak baca Al-Qur’an walaupun satu ayat,” urainya.

Hikmah puasa di bulan Ramadhan, melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih tabah dan sabar, tercapainya derajat ketaqwaan seseorang, menjadi pribadi yang lebih baik, mempererat silaturahmi, melatih seseorang menjadi lebih bersyukur dan melatih seseorang menjadi lebih menghargai waktu ( lebih disiplin ).

“Puasa, menjadikan seseorang lebih pedulli terhadap sesama, mendidik seseorang untuk berjiwa sosial. Sesama muslim adalah saudara. Dan ikatan itu di bulan ramadhan sangat terjalin dengan erat. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa contoh diantaranya adalah memberi makan tajil untuk berbuka, secara cuma-cuma, semua berlomba-lomba untuk bersedekah,” sambubgnya.

Dijelaskan, puasa juga dapat mendidik manusia untuk berjiwa sehat, puasa memiliki manfaat yang dapat di dapat di bidang kesehatan antara lain yaitu mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar diabetes, mengurangi berat badan, mengurangi resiko stroke, dan sebagai obat magh.

“Rasulullah SAW tidak pernah sakit dan selalu sehat karena kebiasaan Rasulullah selalu membuatnya sehat, yaitu Rasulullah senang kepada kebersihan lahir dan batin, Rasulullah bangun sebelum fajar terbit, Rasulullah pandai mengatur makan, makan setelah lapar berhenti makan sebelum kenyang, Rasulullah selalu optimis, dan Rasulullah tidak pernah marah,” jelasnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.