Abdullah Ibrahim Ketua DPD Partai Nasdem Pamekasan usai memberikan klarifikasi

Pamekasan, (Media Madura) – Dua Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dipecat secara tidak hormat lantaran membelok dukungan pada pamilihan kepala daerah (Pilkada) 27 Juni mendatang.

Sekretaris DPW Partai NasDem Jawa Timur, Aminurokhman saat dikonfirmasi via telepon menegaskan, dua pimpinan partai di tingkat kecamatan itu, yakni Ketua DPC NasDem Kecamatan Tlanakan, Habibullah Bahwi dan Ketua DPC NasDem Kecamatan Batumarmar, Mohammad Saleh.

“Pada prinsipnya siapa pun yang tidak mengikuti keputusan partai harus dikeluarkan, dan kami telah menerima laporan dari DPD NasDem Kabupaten Pamekasan terkait adanya kader yang membelot,” katanya, Selasa (29/5/2018).

Atas usulan dari DPD Kabupaten Pamekasan ke DPW Jatim itu, tambah Aminurrokhman, DPW menyetujui pemberhentian yang bersangkutan dari partai.

“Kan tidak logis, ketika NasDem memberikan rekom kepada salah satu pasangan calon, rekomendasinya sudah jelas, sudah didaftarkan ke KPU dan diketahui publik, terus ada kader yang mendeklarasikan di luar itu, itu kan masuk kategori ilegal, ” tambahnya menegaskan.

Sampai saat ini, partai yang dipimpin Surya Paloh itu tidak merubah dukungan kepada pasangan calon bupati dan Calon wakil bupati Kholilurrahman-Fathorrohman (Kholifah). Keputusan itu menjadi tugas kader dan jajaran partai untuk melaksanakan memenangkan figur yang diusung partai.

“Yang jelas, NasDem sampai hari ini tidak berubah keputusannya, tetap memberikan dukungan kepada K. Kholil, mulai dari pendaftaran ke KPU juga ada keputusan ketua umum, kalau bicara aturan tidak mungkin pindah dukungan, baik secara institusional atau personal kepada pihak lain. Aturannya tidak boleh, sekali daftar, ya sudah itu,” tegas mantan Wali Kota itu.

Keputusan memecat kader partai tersebut merupakan sanksi terberat karena telah melanggar atau berpaling dari keputusan partai. Semua kegiatan yang dilakukan bersangkutan di luar kegiatan partai.

Senin (28/5/2018) malam, sekelompok masyarakat mengatasnamakan warga NasDem Pamekasan mendeklarasikan diri mendukung paslon nomor urut 1, yakni Badrut Tamam-Raja’e (Berbaur). Salah satu yang mendeklarasikan dukungan di luar keputusan partai itu adalah Ketua DPC NasDem Kecamatan Tlanakan, Habibullah Bahwi dan Ketua DPC NasDem Batumarmar, Mohammad Saleh.

“DPD Pamekasan sudah layangkan surat pemecatan kepada yang bersangkutan, karena tidak patuh terhadap keputusan partai,” tegas Ketua DPD Partai NasDem Pamekasan, Abdullah Ibrahim.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.