Sumenep, (Media Madura) – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menjadi tuan rumah Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke 49 tingkat Nasional 2018 yang diselenggarakan LPP RRI.

PTQ akan berlangsung pada tanggal 26 sampai 31 Mei 2018, dan akan diikuti oleh kafilah atau perwakilan berbagai daerah di seluruh di Nusantara.

Pemkab pun dipastikan tak akan menyia-nyiakan momen tersebut. Sebab, melalui event nasional tersebut, Pemkab akan mempromosikan sejumlah destinasi wisata yang dimiliki kepada seluruh kafilah PTQ.

Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, R. M. Idris menyampaikan, Pemkab mendukung penuh penyelenggaraan PTQ, momentum tersebut merupakan kesempatan langka.

Dalam serangkaian kegiatan PTQ, Instansinya akan menfasilitasi tamu dan kafilah PTQ untuk melakukan City Tour ke sejumlah destinasi wisata.

“Ada mobil yang akan disiapkan bagi para kafilah dan undangan nanti untuk melakukan kunjungan wisata ke  sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Sumenep. Nanti juga kami akan siapkan informasi-informasi wisata kepada para tamu,” ujar Sekda.

Menurut Sekda, Sumenep memiliki banyak destinasi wisata diantaranya Wisata Alam seperti Pantai Wisata Lombang yang dikenal dengan pagar cemaranya dan Pantai Salopeng berupa panorama pantai beserta gunung pasirnya. 

Lalu, wisata Religi diantaranya komplek pemakaman Raja-Raja di Asta Tinggi, Asta Yusuf Talango, dan Masjid Jamik salah satu Masjid tertian di Indonesia dengan paduan arsitek china dan eropa.

“Salah satu tempat PTQ juga di Masjid Jamik. Para kafilah nanti akan melihat keunikan bangunan masjid tertua di Nusantara ini. Masjid jamik juga menjadi bukti atau simbol keharmonisan antar umar beragama di Sumenep,” terang Sekda.

Selain itu, Kafilah juga bisa mengunjungi wisata Sejarah diantaranya Kota Tua Kalianget bekas peninggalan kolonialisme belanda dan Musium Kraton berupa benda,bangunan serta pusaka bersejarah peninggalan masa keratin Sumenep.

”Tidak hanya yang ada di daratan, kami juga akan tawarkan untuk berwisata ke objek wisata kesehatan yang kadar oksigen terbaik kedua di dunia yaitu Pulau Giliyang, kemudian wisata Pantai Pulau Gili Labak dan Pantai Sembilan,” pungkas Sekda.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.