Oleh: Nur Ilmiyah Wahyuni

*) Penulis adalah Mahasiswi IAIN MADURA

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Semua muslim baik laki-laki maupun perempuan wajib berpuasa dibulan ramadhan. Banyak sekali nilai pahala yang mudah didapat pada bulan penuh berkah ini. Salah satunya dengan melakukan sholat tarawih yang hanya dikerjakan dibulan ramadan. Lantaran hal itu, salat tarawih menjadi hal yang paling dirindukan ummat islam sehingga umat islam banyak yang berbondong-bondong ke masjid untuk menjalankan ibadah tersebut. Meskipun Rasulullah mencontohkan bahwa salat tarawih adalah Sunnah dan dalam pengerjaannya dapat dilakukan berjemaah maupun sendiri. Pada dasarnya salat tarawih itu untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, untuk mencari ketenangan batin, baik sebagai hamba Allah yang sedang berpuasa maupun sebagai ummat islam yang masih berjuang supaya memperoleh derajat orang bertakwa.

Salat tarawih juga merupakan salat sunnah yang jumlah rakaatnya paling banyak. Dilansir dari para pemuka ilmu fiqih islam yang merupakan para salafush-sholeh hakiki dan kadar keilmuannya sudah sampai level mujtahid mutlak, yaitu jumhur ulama, baik dari mazhab Hanafi, mazhab Maliki, mazhab Syafii dan mazhab Hanabilah telah berijma’ bahwa sholat tarawih itu berjumlah 20 rakaat ditambah 3 witir.

Dalam salat tarawih juga terdapat gerakan-gerakan yang dapat menyehatkan badan dan hal ini bisa disebut olahraga dalam bentuk ibadah. Telah kita ketahui bersama bahwa olahraga adalah keperluan keseharian untuk kehidupan kita, bahkan bentuk gerakan dalam sholat tarawih sangatlah baik untuk badan kita dibandingkan dengan olahraga jogging atau yang lainnya. Dalam hal ini, terdapat riset tentang sholat bahwa satu tahun lebih paling akhir menyebar penyakit desk di masyarakat perancis dengan persentase penyebaran penyakit tersebut adalah 18 dari 20 orang lantaran duduk kurun waktu yang lama diperpustakaan.

Lucunya, beberapa dokter yang menganalisisnya jadi mereferensikan serta menyimpulkan bahwa salat dalam agama islam yaitu jalan keluar paling baik untuk terapi penyakit desk. Mengapa? Diketahui dengan cara medis dengan disiplin lakukan sholat tiap-tiap waktunya plus sholat malam, berisiko pada pergantian pada gerakan otot serta hal semacam ini dapat menghidupkan semangat baru pada badan, mengikis timbunan lemak diseputar perut serta paha serta memperlambat efek-efek penuaan pada badan. Bahkan ketekunan sholat juga dapat melindungi bentuk ideal badan serta gerakannya dan mempercepat timbunya vitalitas badan dengan cara non-stop 24 jam sehari-harinya.

Dalam sholat tarawih juga terdapat manfaat disetiap gerakan-gerakannya yaitu ketika takbiratul ihram, gerakan ini memperlancar aliran darah, getah bening (limfe) serta kemampuan otot lengan. Posisi jantung dibawah otak sangat mungkin darah mengalir lancer keseluruh tubuh. Waktu mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang hingga aliran darah kaya oksigen jadi lancer. Lalu ketika kedua tangan didekapkan didepan perut atau dada sisi bawah sikap ini menghindari dari beragam masalah persendian, terutama pada badan sisi atas. Kemudia gerakan selanjutnya adalah rukuk, posisi rukuk melindungi kesempurnaan posisi serta manfaat tulang belakang (corpus vertebrae) juga sebagai penyangga badan serta pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, jadi aliran darah optimal pada badan sisi tengah. Tangan yang bertumpu dilutut berperan relaksasi untuk otot-otot bahu sampai kebawah. Diluar itu, posisi rukuk juga sebagai latihan kemih untuk menghindar masalah prostat.

Gerakan selanjutnya adalah I’tidal yaitu variasi postur sesudah rukuk serta saat sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud adalah latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan didalam perut alami pemijatan serta pelonggaran dengan cara bertukaran, dampaknya pencernaan jadi lebih lancar. Dilanjutkan dengan sujud, dalam gerakan ini aliran getah bening dipompa ke sisi leher serta ketiak. Posisi jantung diatas otak mengakibatkan darah kaya oksigen bisa mengalir optimal ke otak. Aliran ini punya pengaruh pada daya pikir seseorang. Karenanya, kerjakan sujud dengan tumakninah, janganlah tergesah-gesah agar darah memenuhi kemampuannya di otak. Postur ini dapat menghindari masalah wasir. Spesial untuk wanita, baik rukuk ataupun sujud mempunyai faedah mengagumkan untuk kesuburan serta kesehatan organ kewanitaan.

Dilanjutkan dengan gerakan duduk, waktu iftirosy kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus ischiadius. Posisi ini menghindari nyeri pada pangkal paha yang kerap mengakibatkan penderitanya tidak dapat jalan. Duduk tawarruk sangatlah baik bagi laki-laki karena tumit menghimpit aliran kandung kemih atau uretra, kelenjar kelamin pria (prostata) serta saluran vas deferens. Bila dikerjakan dengan benar, postur irfi menghindari impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy serta tawarruk mengakibatkan semua otot tungkai ikut meregang serta lalu relaxs kembali. Gerak serta desakan serasi inilah yang melindungi. Kelenturan serta kemampuan organ-organ gerak kita.

Gerakan yang terakhir adalah salam, relaksi otot seputar leher serta kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini menghindari sakit kepala serta melindungi kekencangan kulit muka. Beribadah dengan cara terus-menerus bukanlah saja menyuburkan iman, namun membuat candik diri wanita luar serta dalam.

Sahabat islam, dalam sholat tarawih yang dapat menyehatkan tubuh kita karena gerakan-gerakan yang telah dijelaskan manfatnya. Berikut terdapat pula macam-macam penyakit yang bisa sembuh karena sholat. Pertama ada penyakit rematik, beberapa ilmuan serta beberapa dokter mengungkap salah satu langkah untuk mengobati rematik (terutama pada tulang punggung) jalan keluar yang baik adalah dengan melakukan sholat, lantaran gerakan sholat merupakan paling baik yang dapat mengembalikan manfaat otot dengan baik, karena ada rukuk, berdiri tegak serta sujud.

Penyakit lain yang bisa sembuh karena sholat adalah janung serta peredaran darah yang kurang lancar. Riset kedokteran mengungkapkan bahwa masalah tersumbatnya peredaran darah yang berimbas pada terhambatnya manfaat paru-paru serta masalah tersumbatnya peredaran darah di kaki tidaklah termasuk juga masalah yang dihadapi oleh golongan muslimin yang disiplin lakukan sholat. Masalah ini biasanya banyak dihadapi oleh pasien dengan persentase lima dari seribu orang non muslim pasca bedah. Kajian kedokteran mengungkap bahwa gerakan rukuk serta sujud kurun waktu yang lama dapat menstabilkan detak jantung, hingga peredaran darah akan lancar dan meminimalkan desakan darah tinggi dengan cara akut di kepala. Penyakit lain yang dapat disembuhkan lantaran rajin melakukan sholat adalah penyakit kanker. Riset ilmiyah dalam sholat tarawih dan bahkan sholat malam yaitu tahajjud juga sebagaimana dikerjakan oleh ummat islam, memanglah teruji secara ilmiyah.

Manfaat gerakan sholat tarawih bagi ibu hamil, dalam suatu riset medis terbaru sudah ditemukan bahwa gerakan tubuh serta berolahraga, seperti sholat banyak berguna bagi ibu hamil. Seorang wanita yang sedang sholat, terutama saat bersujud serta rukuk dapat menaikkan peredaran darah kedalam rahim. Perlu diketahui bahwa rahim serta sel telur sama, sehingga memerlukan banyak darah. Terlebih wanita yang tengah hamil, rahimnya membutuhkan jumlah darah yang sangat banyak agar dikonsumsi oleh calon bayi serta bersihkan polusi dalam peredaran darahnya. Seluruhnya gerakan sholat seperti rukuk, sujud dapat menaikkan kelancaran peredaran darah kedalam rahim seseorang wanita, berguna untuk wanita hamil dan berisiko bagi wanita haid. Sungguh dahsyat ajaran islam, ini salah satu dari kebesaran Allah SWT, mengapa wanita haid dilarang melaksanakan sholat.

Sahabat Islam, itulah salat tarawih sebagai ajang untuk mendapatkan nilai pahala di bulan ramadhan dan merupakan olahraga dalam bentuk ibadah. Dengan sholat insyaAllah hidup kita akan sehat. Semoga bermanfaat.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.