Giat Operasi Patuh Jaya 2018 oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Giat Operasi Patuh Jaya 2018 oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur resmi berakhir hari ini, Rabu (9/5/2018).

Dari kegiatan yang digelar selama 14 hari sejak tanggal 26 April tersebut, Polantas menjaring hampir 4000 pengendara yang diketahui melanggar. 

“Selama 13 hari ini kita tilang 3900 sekian pengendara. Itu belum termasuk yang kegiatan hari terakhir hari ini ya yang belum kita rekap,” ujar Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Eka Anggriana.

Dari ribuan pelanggar itu, Eka menyebut penggaran didominasi oleh pengendara yang tidak memiliki SIM, pengendara di bawah umur dan pengendara melanggar rambu lalu lintas. 

“Selama operasi ini, selain banyak pengendara tidak memiliki SIM serta pengendara di bawah umur, juga untuk roda empat tidak melengkapi safety bell,” paparnya. 

Jumlah tersebut, tambah Eka, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya dimana jumlah hanya sekitar 3000 pelanggar. Namun demikian, tingkat kecelakaam tahun ini menurun. 

“Pelanggar di jalanan tahun ini memang meningkat, tapi jumlah kecelakaan menurun. Tahun lalu ada tujuh kecelakaan, sementara saat ini hanya ada tiga kecelakaan,” tambahnya. 

Ke depan, ia meminta masyarakat lebih dapat mematahui aturan lalu lintas serta menjaga kelengkapan berkendara, demi mengurangi tingkat kecelakaan. Sebab, umumnya, pelanggaaran lalu lintas jadi pemicu kecelakaan di jalanan. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.