Kadisdik Pamekasan Moch Tarsun

Pamekasan, (Media Madura) – agar tidak disebut ketinggalan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan, menerapkan kelas digital di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Pamekasan.

Kelas digital tersebut, menurut Kepala Disdik Pamekasan, Muhammad Tarsun, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada siswa di Pamekasan, dalam mengakses seluruh mata pelajaran, yang diajarkan di sekolah, melalui jaringan Informasi dan teknologi. Aplikasi kelas digital itu bernama at Modu.

“Sudah ada 8 SMP Negeri di Kabupaten Pamekasan, yang sudah menerapkan inovasi kelas digital tersebut. Tahun 2015 hanya ada beberapa sekolah yang menerapkan. Dan diujicoba kepada SMP Negeri 3 Pamekasan,” tuturnya.Jumat (04/05/2018) pagi.

Mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Pamekasan ini menambahkan, kelas digital tersebut penting diterapkan di Pamekasan. Mengingat era digital yang semakin berkembang dan masuk masanya, zaman milenial.

“Baru Kabupaten Pamekasan yang menerapkan kelas digital ini di Madura. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kepada Kabupaten lainya di Madura, untuk bersama-sama menerapkan kelas digital,” imbuhnya.

Tarsun menguraikan, kelas digital dengan aplikasi at Modu ini sudah memasukkan seluruh mata pelajaran yang diajarkan. Sehingga, di manapun siswa bisa mengakses seluas-luasnya mata pelajaran, sekalipun tidak di dalam kelas. Kelebihanya, mempermudah siswa mendapatkan akses mata pelajaran dengan mudah dan cepat. Termasuk, ruang untuk berkonsultasi, kepada guru pengajar, lewat aplikasi tersebut.

Untuk kontrolnya, Tarsun memastikan sangat mudah. Sebab, Pembelajaran berbasis IT dengan perangkat at Modu itu, terhubung dengan guru pembimbing dan orang tua. Sehingga, aktivitas para siswa selama mengoperasionalkan aplikasi tersebut, akan terpantau secara otomatis. Sehingga, siswa tidak bisa memamfaatkan pada aplikasi lain. Misalnya untuk Game online ataupun sejenisnya.

“Awalnya sekolah membeli sendiri perangkatnya. Namun, setalah kami lakukan evaluasi mamfaatnya banyak. Akhirnya, pada tahun 2017, kami anggarkan lewat APBD Kabupaten Pamekasan. Sebab, inovasi ini sangat bermamfaat,” Pungkasnya.

Reporter : Akhmad Fwd
Editot : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.