Pamekasan – Babinsa Desa Sumedangan Koramil 0826/06 Pademawu Sertu Abd Chamid membantu petugas kesehatan dari Puskesmas Sopa’ah melakukan pengasapan (fogging), untuk membasmi dan mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) bertempat di Dusun Barat, Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu.

Danramil 0826/06 Pademawu Kapten Inf Sumarno saat ditemui menyampaikan, Babinsa memang harus perduli terhadap lingkungannya dan terus berperan aktif di masyarakat yang salah satunya membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging dan sosialisasi kepada masyarakat.

Dikatakan, yamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk.

“Hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” tuturnya.

Ditambahkan, dalam mencegah gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan, obat anti lotion, nyamuk bakar, elektrik, semprot dan lain-lainnya. Namun, apabila tidak diperhatikan dengan baik, penggunaan obat anti nyamuk tersebut sebenarnya berbahaya bagi manusia karena dapat memberikan efek samping, sehingga ada baiknya masyarakat perlu mengetahui aneka obat-obatan untuk pengusir nyamuk baik herbal, alami, tradisional yang mudah untuk dirumah sendiri.

“Begitupun Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lainya,“ ucapnya.

Sementara itu, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Sopa’ah Faisol
mengungkapkan, pihaknya sangat betterimakasih kepada Babinsa yang telah membantu untuk melakukan sosialisasi dan penyemprotan di Desa Sopa’ah.

“Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk”, katanya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.