Mobil Dinas Pemkab Sampang sebelum diperiksa BPK Jatim berlokasi di lapangan Desa Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Senin (16/4/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepala Bidang Pengelolaan Aset, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BP2KAD) Kabupaten Sampang Bambang Indra Basuki, mengungkapkan ada 341 mobil dinas di lingkungan Pemkab Sampang dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Jawa Timur, Senin (16/4/2018) pagi.

Pemeriksaan untuk jenis roda empat itu dilakukan di lapangan Desa Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.

“Tiga ratus lebih mobil dinas di semua OPD, Badan, Sekretariat Pemkab Sampang ini diperiksa satu persatu kelengkapan surat-suratnya,” kata Bambang.

Dijelaskannya, pemeriksaan rutin tiap tahunan itu meliputi cek fisik, nomor rangka dan mesin kendaraan, serta kelengkapan surat kendaraan berupa BPKB dan STNK asli.

Pemeriksaan kendaraan plat merah itu bertahap. Saat ini, merupakan agenda pemeriksaan bagi jenis mobil dinas roda empat.

Jenis mobil dinas yang diperiksa yakni kendaraan mulai tahun 1990 hingga 2017. Hasil pemeriksaan saat ini belum ditemukan kendaraan yang tidak layak pakai.

“Meski tahun lama, tapi kendaraannya masih enak, ya karena ini mungkin perawatannya rutin dilakukan. Intinya kalau yang sekarang masih dipakai berarti kendaraan tersebut masih layak dipakai untuk operasional,” ujar Bambang.

Sekedar diketahui, mobil dinas terbanyak di Dinas Kesehatan mencapai 84 unit kendaraan, Sekkab 42 unit kendaraan, dan Dinas Perhubungan 42 unit.

Total mobil dinas milik Pemkab Sampang sebanyak 2.709 unit kendaraan. Rinciannya, 341 roda empat, 2.152 unit roda dua, 193 unit roda tiga, dan 23 untuk alat berat.

“Kalau milik provinsi dan pusat ada 11 unit untuk kendaraan roda dua dan empat,” tutupnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.