Disperindag saat melakukan sidak ke sejumlak toko di Pamekasan.

Pamekasan, (Media Madura) – Beredarnya secara nasional sejumlah sarden kaleng atau ikan siap saji dalam kemasan yang mengandung cacing telah lama merebak.

Ada 27 merek sarden kaleng yang diduga mengandung cacing parasit. Hal itu tentu membuat masyarakat cemas dan takut untuk mengkonsumsi makanan jenis itu.

Kamis (5/4/2018), Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Perdagangan, Dinkes, Satpol PP serta Polres setempat memastikan hal tersebut dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa toko.

Sedikitnya, ada 5 minimarket yang menjadi sasaran tim gabungan itu.

Dari hasil sidak tersebut, Disperindag menemukan satu sarden kaleng di sebuah minimarket yang diduga berisi cacing.

“Iya, ada satu ini kami bawa sebagai sampel,” kata Kasi Pengawasan Barang Beredar Bidang Perlindungan Konsumen Disperindag Pamekasan, Nurul Hidayati, Kamis (5/4/2018).

Menurutnya, Sarden kaleng tersebut bermerek Gaga.

“Mungkin itu karena ketinggalan atau bagaimana saya juga tidak tahu, yang jelas kami cuma menemukan satu kaleng saja merek Gaga,” terangnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Pamekasan, Harun Suyitno menyayangkan kinerja Disperindag karena baru kali ini melakukan sidak. Padahal, kasus beredarnya sarden kaleng yang diduga mengandung cacing parasit sudah lama beredar.

“Seharusnya sejak awal viral info itu pihak Disperindag sudah turun ke toko-toko yang dianggap menyediakan produk tersebut. Jangan sampai menunggu korban atau masyarakat yang menemukan hal itu terlebih dahulu,” ucapnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.