Petugas mengawasi pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 2 Sampang Jalan Syamsul Arifin, Senin (2/4/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diikuti oleh 2.553 siswa dari 70 sekolah menengah kejuruan atau SMK, Senin (2/4/2018).

Kepala UPT Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Cabang Kabupaten Sampang Asyyari, mengatakan jumlah 2.553 siswa SMK mengikuti UNBK selama empat hari mendatang.

“Hari ini pertama pelaksanaan UNBK 2018, untuk jumlah siswanya ada 2.553 siswa,” kata Asyyari, Senin (2/4/2018).

Dirinya menuturkan, ada 50 dari 70 lembaga SMK di Kabuten Sampang yang menyelenggarakan UNBK. Sisanya 20 sekolah masih bergabung karena memang belum terakreditasi dan sarananya belum memadai.

“Dari 70 sekolah yang menggelar UNBK, hanya ada tujuh SMK yang berstatus negeri dan sisianya masih berstatus swasta,” ungkapnya.

Sementara itu, Humas SMKN 2 Sampang, Ragiel K. Santoso, menyampaikan sebagai salah satu sekolah yang menggelar UNBK pelaksanaan ujian di sekolahnya berjalan dengan baik, mulai dari siswa, sarana komputer maupun servernya.

Tak hanya itu, pelaksanaan UNBK dibagi menjadi tiga sesi, per sesi berdurasi 2 jam dimulai sejak pukul 7.30 wib hingga sore.

“Ada satu siswa yang kecelakaan, tapi pada sesi kedua bisa masuk. Jadi hari ini Nihil tidak ada permasalahan,” tuturnya.

Ragiel menjelaskan, sisi positif pelaksaan UNBK yakni prosesnya lebih cepat. Sedangkan untuk sisi kurangnya yaitu bagi sekolah yang sarana komputernya tidak memadai.

“Di sini ada dua SMK yang ikut menggabung karena harus mengikuti jurusan yang sama, yaitu SMK Alfatih Kedungdung dan Ihiyak Ulumudin Banyuates, kedua sekolah itu sama-sama punya jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP). Jika tidak menggabung kesini maka harus ke Pasuruan ataupun ke Jember,” terangnya.

Dari sebanyak 258 siswa yang melaksanakan UNBK di SMKN 2 Sampang, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak tiga ruangan masing-masing berisi 27, 35 dan 26 komputer dengan cadangan sebanyak 7 komputer.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.