Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, Madura, Jawa Timur Khalil Asyari mengikuti Apel Gelar Pasukan pengamanan Pilkada 2018 di Monumen Arek Lancor

Pamekasan, (Media Madura) – Upaya, kapan untuk menetapkan Khalil Asy’ari sebagai bupati definitif Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur hingga kini belum ada kejelasan.

Padahal dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Kepemerintahan Daerah, bahwa setelah surat keputusan tentang pemberhentian bupati telah turun serta sudah diterima oleh DPRD, maka DPRD langsung mengagendakan rapat paripurna untuk mengajukan surat pengangkatan wakil bupati terhadap Mendagri agar diangkat menjadi bupati definitif untuk melanjutkan sisa jabatan bupati yang tekah diberhentikan.

“Kita sudah melaksanakan rapat paripurna tersebut, serta telah mengirim surat usulan pengangkatan Khalil Asy’ari sebagai bupati definitif pada Kemendagri melalui Gubernur Jatim. Namun sampai saat kita masih belum tahu progresnya sampai di mana,” terang Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Suli Faris, Rabu (28/3/2018).

Meski masa jabatan Khalil Asy’ari sebagai wabup sampai tanggal 21 April mendatang, pihaknya berharap surat usulan pengangkatan Khalil Asy’ari segera mendaptkan balasan dari pemerintah pusat. Karena sekalipun dalam hitungan minggu DPRD akan tetap melantik Khalil Asy’ari menjadi bupati.

“Sepenuhnya kita serahkan pada proses yang sedang berjalan, kami yakin Mendagri tidak akan memperlama untuk urusan seperti ini,” tambahnya.

Dirinya juga berharap surat persetujuan pengangkatan wabup segera mereka terima dari pemerintah provinsi Jatim, sehingga nantinya Khalil Asy’ari masih mempunyai waktu yang lumayan lama menjadi bupati Pamekasan.

“Upaya-upaya dan koordinasi secara kelembagaan selalu kami lakukan, agar pelaksanaan Pelantikan Khalil Asy’ari menjadi bupati definitif segera terlaksana,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.