Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto memaparkan persentase penduduk dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Sampang tahun 2019 di pendopo Jalan Wijaya Kusuma, Kamis (22/3/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Penjabat (Pj) Bupati Sampang Jonathan Judianto, menyampaikan ada lima macam prioritas kegiatan kerja pemerintah untuk memenuhi pengembangan akses pelayanan dasar masyarakat dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan Jonathan dalam membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sampang di Pendopo Jalan Wijaya Kusuma, Kamis (22/3/2018).

Prioritas itu pertama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, kependudukan, prasarana dasar masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Kedua, peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan UMK, pariwisata dan agropolitan.

Ketiga, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana. Keempat, peningkatan dan pemerataan infrastruktur daerah.

“Kemudian kelima adalah peningkatan pelayanan publik melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan jaminan ketentraman serta ketertiban masyarakat,” ujar Jonathan.

Menurutnya, perlu kebutuhan dasar harus diselesaikan saat ini karena IPM Sampang masih 60,04 persen, pendapatan perkapita 15,77 persen, rendahnya harapan lama sekolah 3 persen, tingginya tamatan sekolah dasar.

Lanjut Jonathan, dalam Musrenbang ini merupakan forum diskusi seluruh pemangku kepentingan pembangunan dalam rangka menghasilkan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

“Selan itu juga mohon dan tolong belanjakan uang anda di Kabupaten Sampang karena untuk memupuk pertumbuhan ekonomi baru di sektor itu,” pesan Jonathan kepada peserta Musrenbang.

Sementara itu, Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah menyampaikan, pihaknya menekankan agar Pemerintah Kabupaten Sampang lebih serius meningkatkan IPM dan penanggulangan kemiskinan serta meningkatkan pembangunan di wilayahnya. Karena dari tahun ke tahun semua program yang di canangkan oleh pemerintah setempat tidak ada hasil yang signifikan.

“Maka itu dari Musrenbang ini berharap agar program yang akan dilaksanakan harus berdampak dan membuahkan hasil yakni untuk meningkatkan pembangunan dan mensejahterahkan rakyat,” ungkapnya.

Reporter: Ryan Hariyanto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.