Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan selesai menggelar rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS), yang kemudian akan divalidkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

Namun KPU Pamekasan tidak memiliki waktu banyak. Pasalnya mereka dituntut untuk memvalidkan DPS menjadi DPT dalam kurun waktu satu bulan sejak pleno rekapitulasi DPS digelar.

“Kami hanya punya waktu sebulan. Jadi, kalau nanti ada warga yang namanya tidak ada dalam DPS, bisa mendatangi petugas PPS di tingkat desa untuk mendaftarkan namanya dalam DPS itu,” terang Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah, Jumat (15/3/2018).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, setelah dilakukan penetapan DPS tingkat kabupaten, pihaknya akan mengembalikan data pemilih kepada petugas pemungutan suara (PPS) di tingkat desa, maupun PPK di tingkat kecamatan.

“Ini berdasarkan PKPU tahun 2017, dimana proses penetapan Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) untuk menjadi DPT, memang masih harus melewati beberapa tahapan. Hingga kemudian diperoleh data yang valid supaya bisa dinyatakan sebagai DPT,” tambahnya.

Dirinya juga mengimbau bagi warga yang masih belum masuk ke dalam DPS, untuk segera mendaftarkan diri ke panitia PPS maupun PPK. Khususnya, bagi mereka yang saat ini tercatat dalam DP4 non KTP-el.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar segera mendaftar, karena DPS ini masih sangat bisa berubah seiring dengan jumlah warga yang belum memiliki KTP elektronik,” tutupnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.