Foto : BPBD Pamekasan/ Budi Cahyono

Pamekasan , (Media Madura) – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 3,5 skala richter mengguncang Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Jumat (16/03/2018) siang.

Gempa tersebut terjadi di koordinat episenter pada 7.09 LS dan 113.41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah Barat Laut Pamekasan , pada kedalaman 13 km.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, dirasakan di daerah Pamekasan dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI),” kata Kepala Stasiun Geofisika Tretes, Suwardi, S.Si dalam rilisnya kepada media.

Dikatakan, guncangan ini masih belum ada laporan kerusakan. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal dan tidak berpotensi sumani.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Pamekasan dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pintanya.

Sementara itu, petugas BPBD Pamekasan Budi Cahyono membenarkan adanya gempa tersebut. “Pusat Gempa 11 Km Barat laut Pamekasan, kekuatan gempa 3,4 Scala Richter, Lokasi 7.09 LS, 113.41 Bujur Timur Dengan Kedalaman Gempa 13 km,” katanya.

Penulis : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.