Pamekasan, (Media Madura) – Pengawasn Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diserahkan pada bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) polres setempat.

Pengawasan itu agar penggunaan DD dan ADD betul-betul bisa membuat masyarakat desa sejahtera. Bhabinkabtibmas Polres Pamekasan yang bakal dikerahkan sebanyak 178 personel yang ditempatkan di setiap desa.

“Satu aparat akan mengawasi satu desa. Ini sebagai upaya meningkatkan pelaksanaan DD-ADD yang disesuaikan dengan program,” kata Kasatreskrim Polres Pamekasan AKP Hari Siswo, Senin (12/3/2018).

Bhabinkamtibmas tambah Hari, akan menjadi ujung tombak dalam pengawasan penggunaan DD-ADD di 178 desa di 13 kecamatan. Mereka akan dibantu Kapolsek, camat, dan kejari.Menurutnya, pelaksanaan DD dan ADD tahun ini akan jauh lebih terpantau. Sebab, semua unsur, baik dari aparat maupun pemerintah ikut mengawasi.

“Akan lebih mudah untuk menindak ketika ditemukan adanya pelanggaran, makanya jangan sampai melawan arus karena konsekuensinya pidana,” tambah Hari.

Mantan kasatreskrim Polres Sampang itu berjanji, akan memaksimalkan penindakan apabila ditemukan pelanggaran yang berakibat merugikan keuangan negara. Pihaknya juga menunggu hasil audit BPK tentang penggunaan DD dan ADD tahun lalu.

”Apakah ditemukan pelanggaran atau tidak. Kalau di LHP BPK ditemukan pelanggaran, desa harus mengembalikan uang negara. Lebih dari 60 hari, sudah bisa dijerat hukum,” tandas Hari.

Reporter: Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan