Sumenep, (Media Madura) – Harga cabai merah besar di dua pasar tradisional Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yaitu pasar Anom dan pasar Bangkal pada pekan ini terus menurun. 

Pada awal pekan lalu, cabai seharga Rp 30 ribu per kg, dari sebelumnya Rp 35 ribu, dan hari ini kembali turun seharga Rp 25 ribu per kg.

“Penurunannya pada awal pekan sebesar Rp 5 ribu dan saat ini juga Rp 5 ribu lagi,” kata Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris dalam keterangan rilisnya, Kamis (22/2/2018).

Selain cabai merah besar, harga daging ayam kampung juga turun, dari sebelumnya Rp 75 ribu menjadi Rp 70 ribu per kg.

Sukaris memprediksi, penyebab turunnya cabai merah besar ini lantaran stok di pasaran memadai, sedangkan pembelian konsumen tidak terlalu tinggi. 

“Jadi antara jumlah stok dan penjualan tidak berbanding lurus, akibatnya berpengaruh pada harga,” ujarnya.

Sedangkan komoditas lainnya relatif stabil seperti beras jenis Ir 64 Rp 11.600 per kg, jenis ir desa Rp 11 ribu, gula pasir lokal Rp 11 ribu, minyak goreng curah Rp 12 ribu, daging sapi murni Rp 110 ribu, dan daging ayam broiler Rp 32 ribu.

Lalu telur ayam petelur Rp 20 ribu, dan telur ayam kampung Rp 40.800 per kg., cabai kecil biasa Rp 45 ribu, bawang merah Rp 20 ribu, bawang putih Rp 27 ribu, dan mentega curah Rp 21 ribu, kol/kubis Rp 6 ribu.

“Kentang juga stabil yakni Rp 13 ribu, tomat Rp 10 ribu, wortel Rp 8 ribu, buncis Rp 10 ribu, dan kelapa Rp 5 ribu per buah,” tukasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.