KPU Sampang Usulkan 6 Dapil Pemilu 2019

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif memaparkan uji publik penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD pada pemilu 2019, Senin (12/2/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar uji publik usulan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Sampang dalam pemilu 2019, Senin (12/2/2018) pukul 14.30 WIB.

Dapil untuk pemilihan legislatif 2019 itu diusulkan terdiri dari enam dapil. Diantaranya, Dapil I meliputi Kecamatan Kota Sampang, Pengarengan, dan Torjun.

Dapil II, Kecamatan Sreseh, Tambelangan, dan Jrengik. Dapil III, Kecamatan Kedungdung, dan Robatal. Dapil IV Kecamatan Ketapang dan Banyuates.

Kemudian, Dapil V Kecamatan Sokobanah, dan Karang Penang. Dapil VI Kecamatan Camplong, dan Omben.

“Kita melakukan pemekaran atau penambahan Dapil diambil dari Dapil II dan IV menjadi Dapil baru dengan jumlah enam Dapil,” kata Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, Senin (12/2/2018).

Syamsul menyampaikan, sebelumnya Dapil pemilu 2014 di Kabupaten Sampang terdapat lima Dapil. Hanya saja, saat ini dalam pemilu 2019 Kecamatan Kedungdung dan Robatal dijadikan Dapil baru.

“Dari semua parpol di Sampang menyatakan persetujuaannya dalam opsi kedua yaitu ada penambahan Dapil,” ungkapnya.

Dalam uji publik yang digelar di aula KPU Sampang Jalan Diponegoro Kelurahan Banyuanyar itu dihadiri sejumlah pengurus parpol, Panwaslu, dan organisasi masyarakat.

Syamsul menambahkan, ada tujuh prinsip dalam penataan Dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sampang. Terdiri dari, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan yang sama (coterminous), kohesivitas, dan kesinambungan.

“Pengesahan Dapil Pemilu 2019 paling lambat akan ditetapkan oleh KPU RI pada 5 April mendatang, sekarang hasil usulan masih kuta laporkan ke KPU Jatim,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.