Rabu, Oktober 5, 2022

Abu Bakar Bilang ‘Perlu Pemilih Cerdas Melahirkan Pemimpin Baik’

Must read

- Advertisement -

Sampang, (Media Madura) – Pengamat politik Madura, Abu Bakar Basyarahil, menyampaikan perlu pemilih cerdas dalam pemilu sebagai proses untuk melahirkan kepemimpin yang lebih baik. Hal itu disampaikan Abu Bakar dalam mengisi materi diskusi publik yang digelar Madura Development Watch (MDW) di BPU.

“Kecerdasan itu kunci untuk menghasilkan pemimpin yang bisa diharapkan demi perbaikan melalui Pilkada, Pilgub, Pileg, ataupun Pilpres,” kata Abu Bakar, Rabu (7/2/2018).

Dosen Ilmu Politik Universitas Madura (Unira) di Kabupaten Pamekasan itu, menuturkan terkadang pemilih terkontaminasi oleh kepentingan sesaat yang sengaja ditawarkan beberapa kandidat yang mencoba mereduksi kecerdasan tersebut.

Sehingga upaya menciptakan pemilih cerdas cukup sulit. Karena adanya cara seperti praktik money politic. Untuk itu, sudah saatnya rakyat berpikir bahwa kualitas lebih penting dari pada sekedar kuantitas di dalam proses pemilihan.

“Politik uang menjadi fenomena yang sangat meracuni lahirnya kepemimpinan yang bisa diandalkan berpihak kepada rakyat,” ujarnya.

Selain itu, dirinya mengaku tidak sependapat bahwa indikator tentang suksesnya pemilu dilihat dari konteks seberapa banyak orang memilih. Sebab, banyak yang memilih tetapi tidak berkualitas yang justru merusak demokrasi.

Misalnya banyak orang yang memilih tapi karena faktor uang, lebih baik jumlahnya tidak harus banyak tapi pada dasarnya pemilih yang membuat pilihan itu datang dari pemilih yang cerdas dan berkualitas.

“Prinsipnya lahirkan pemimpin yang bersih lewat pemilihan yang bersih,” ungkapnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article