Minggu, Oktober 2, 2022

Cuaca Ekstrem, Nelayan di Pamekasan Satu Pekan Tak Melaut

Must read

- Advertisement -

Pamekasan, (Media Madura) – Sejumlah nelayan di perairan Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak melaut atau memarkir perahunya di bibir pantai karena cuaca ekstrem.

Zainal, salah satu nelayan pesisir utara mengatakan, kondisi cuaca saat ini tidak bersahabat. Seringnya turun hujan deras, angin kencang, petir serta tingginya gelombang laut manjadi alasan mereka tidak melaut.

“Hampir seminggu nelayan di sini tidak kerja (melaut.red), karena ombak besar,” katanya, Selasa (29/1/2018).

Menurutnya, akibat kondisi yang kurang bersahabat itu, selain keselamatan terancam juga tangkapan ikan dipastikan sangat minim. Sehingga umumnya para nelayan menunggu perkembangan cuaca menjadi lebih baik.

“Selama ini ya memperbaiki perahu atau peralatan lain seperti jaring yang rusak,” tambah Zainal.

Nelayan lain, asal Desa Kaduara Barat, Kecamatan Larangan, Syamsul mengatakan, saat ini banyak nelayan yang milih tidak melaut karena memilih keselamatan diri.

“Di sini terkadang masih ada yang nekat untuk melaut karena tuntutan kebutuhan yang cukup tinggi. Rata-rata nelayan yang menggunakan perahu besar yang melaut,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, nelayan yang tidak melaut dan tidak memiliki tabungan yang cukup, mereka mencari pinjamam.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article