Musim Hujan, Warga di Pamekasan Diimbau Waspada Bencana Alam

Bencana alam banjir yang perlu diwaspadai warga Pamekasan saat musim hujan

Pamekasan, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau agar masyarakat waspada bencana alam, utamanya di musim hujan.

“Masyarakat harus waspada terhadap bahaya tanah longsor, dan banjir yang bisa saja melanda (kapan saja), utamanya saat musim hujan seperti sekarang,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pamekasan, Budi Cahyono.

Di Pamekasan, menurutnya, ada beberapa daerah yang rawan banjir yaitu Kelurahan Patemon, Jungcangcang, Gladak Anyar, Desa Lemper, dan Desa Sumedangan.

-Advertisement-

“Kami mengimbau kepada masyarakat setempat untuk berprilaku baik dengan tidak membuang sampah ke sungai,” ucap Budi sapaan akrabnya.

Budi mengklaim, pemerintah sudah melakukan upaya untuk menanggulangi banjir tahunan tersebut dengan cara melakukan normalisasi sungai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Alhamdulillah banjir perkotaan tahun ini berkurang dengan drastis,” klaimnya.

Hanya saja, bila terjadi hujan dengan intensitas sedang berdurasi lama sejumlah titik masih tergenang. Seperti, di Jalan Brawijaya dan sejumlah titik lain di perkotaan.

“Saluran air harus diperhatikan agar tidak terjadi banjir. Caranya tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.