Selasa, Oktober 4, 2022

Cantrang Diizinkan, Nelayan Pamekasan Kembali Melaut

Must read

- Advertisement -

Pamekasan, (Media Madura) – Nelayan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur kembali melaut atau beraktivitas seperti biasanya. Menyusul alat tangkap ikan jenis cantrang resmi diizinkan oleh pemerintah pusat.

Sebelumnya, para nelayan dilarang menangkap ikan menggunakan cantrang berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP).

Salah seorang nelayan warga Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Roni (30) mengaku senang dengan melunaknya sikap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang memperbolehkan kembali para nelayan menangkap ikan dengan cantrang.

“Karena cantrang sudah diizinin, maka saya dan beberapa nelayan lain kembali melaut, semoga tangkapan ikan semakin berlimpah,” kata Roni, Selasa (23/1/2018).

Bahkan ia mengapresiasi kebijakan pemerintah yang berencana memberikan bantuan agar para nelayan tak lagi menggunakan cantrang dengan menggunakan alat tangkap yang lebih ramah.

“Karena dengan ini kami bisa makan dan menafkahi anak dan isteri, bagaimanapun kami berharap kebijakan pemerintah bisa pro rakyat,” tambahnya.

Nelayan lain, Samsul, warga Desa Kaduara Barat, Kecamatan Larangan menyatakan, dengan dibekukannya peraturan itu maka kemerdekaanyang ia rasakan saat ini, mengingat perahu yang ia gunakan sudah bersandar lama di pinggir lautan.

“Kalau begitu terima kasih Pak Jokowi, perahu kami sudah bisa mencari ikan lagi,” terangnya.

Rabu (17/1/2018) lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengizinkan nelayan menangkap ikan menggunakan cantrang.

Hal tersebut diambil Susi, setelah dirinya melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo bersama kepala daerah dan perwakilan nelayan, sekitar tiga jam di Istana Merdeka, Jakarta.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article