Pesawat Kepresidenan Landas di Bandara Trunojoyo Sumenep Minggu (8/10/2017) pagi.

Sumenep, (Media Madura) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menggerojok Bandara Trunojoyo Sumenep, Masura, Jawa Timur dengan anggaran Rp 17 miliar.

Uang sebanyak itu dianggarkan pemerintah pusat pada tahun 2018 ini, untuk pembangunan terminal penumpang di Bandara tersebut.

“Tahun ini sudah dianggarkan sebesar Rp 17 miliar dari APBN,” tutur Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Wahyu Siswoyo, Senin (22/1/2018).

Sesuai rencana induk pembangunan Bandara Trunojoyo, posisi terminal penumpang berada di sebelah utara atau di sisi utara pelataran parkir pesawat. 

Tetapi, kata Siswoyo, sebelum dilaksanakan, perlu mengkaji ulang rencana kerja pembangunan terminal penumpang tersebut untuk menyesuaikan dengan kondisi terbaru pengembangan bandara.

“Kajian ulang itu untuk menyatakan estimasi kebutuhan dana yang dibutuhkan karena kemungkinan lebih besar dari pagu yang telah ditetapkan dan nantinya akan dilaporkan ke Kemenhub,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pembangunan terminal penumpang nantinya akan disinergikan dengan pemerintah daerah terutama mengenai pengadaan akses jalan menuju lahan yang disiapkan sebagai lokasi pembangunan terminal penumpang.

“Untuk pembangunan akses jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah daerah, sehingga kami selalu berkomunikasi dengan SOPD terkait yang ada di Sumenep,” tegasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.