Ilustrasi

Media Madura – Tahukah Anda bahwa mengucek mata itu berbahaya? Yap! Mengucek mata dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mata, bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Padahal secara tidak sadar kita sering mengucek mata, apalagi saat kelilipan.

Berlama-lama di depan layar monitor seperti komputer, laptop, notebook dan sebagainya membuat mata akan merasa mudah lelah. Kondisi itu juga kadang membuat Anda mengucek mata langsung pakai tangan, tanpa mengetahui efek negatifnya.

Kebiasaan tangan mengucek mata secara langsung harus dihindari. Karena tangan adalah sarangnya kuman dan penyakit. Jika hal tersebut dilakukan, maka dimungkinkan kuman dan bakteri penyebab penyakit akan menempel dan berpindah pada mata.

Jika mata terinveksi kuman atau bakteri dan tidak segera diatasi, maka hal ini akan menjadi pemicu rusaknya mata, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa jika Anda menggosok mata terlalu sering, keras, dan dengan jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah yaitu mata akan mengalami tekanan yang sangat menyakitkan. Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Optometry and Vision Science menyatakan bahwa mengucek mata memberikan efek tekanan 10 kali dari tingkatan normal.

Selain itu, ketika anda membaca buku, maka sebaiknya hindari membaca buku dengan posisi tidur karena hal ini juga dapat memicu rusaknya mata anda.

Sebaiknya, jagalah kesehatan mata dengan mengubah kebiasaan buruk. Berikut tips menjaga kesehatan mata:

1. Untuk anda sekalian yang masih pelajar dan sangat menggilai rutinitas belajar seperti membaca atau menulis. Maka sebaiknya anda usahakan membiasakan diri anda dengan mengatur jarak ideal anda. Jarak ideal yang dimaksud adalah jarak antara objek dan juga mata berkisar 30 cm. Hal ini dilakukan untuk menghidarkan anda dari kerabunan dini seperti miopi atau rabun dekat.

2. Ingat biasakan menggunakan posisi yang paling tepat, ketika anda sedang membaca buku. Dan hidari kebiasaan buruk yang satu ini yakni membaca sambil tiduran. Karena ini akan memberikan dampak yang sangat buruk sekali terhadap mata anda, seperti terjadinya rabun dekat.

3. Usahakan pada saat membaca atau melihat objek sebaiknya menggunakan penerangan seperti lampu, karena dengan minimnya penerangan maka akan menggangu kesehatan mata anda. Karena pada situasi ini mata dipaksa untuk bekerja lebih keras.

4. Biasakan mengistirahatkan mata setelah mata di porsi dalam urusan pekerjaan atau seringnya anda menatap layar monitor, karena layar monitor memiliki radiasi yang cukup berbahaya.

5. Hindari membiasakan tangan anda mengucek mata anda secara langsung.

6. Upayakan anda untuk terus memberikan tambahan kedipan mata, karena dengan upaya satu ini akan membantu memberikan manfaat yang baik setelah anda terlalu fokus dengan pekerjaan anda.

7. Upayakan perbanyak makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Seperti contohnya wortel yang mana jenis makanan ini tinggi akan Sumber Vitamin A yang aman sangat dibutuhkan sekali untuk menjaga kesehatan mata anda.

8. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari, sinar matahari yang panas ternyata dapat juga merusak kesehatan mata.

Penulis: Putri Kusuma
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.