Bantu Bersihkan Makam, Babinsa Lancar Punya Tujuan Ini

Pamekasan – Babinsa merupakan ujung tombak satuan komando kewilayahan untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai dengan fungsional tugasnya. Banyak hal yang bisa diwujudkan seorang babinsa untuk memupuk kemanunggalan TNI – Rakyat diwilayah binaan,

Meskipun hari libur bukan jadi penghalang bagi seorang Babinsa terjun langsung ditengah masyarakat, apabila ada kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan.

Salah satunya yang dilakukanan oleh Babinsa Desa Lancar Serda M Fauzi Koramil 0826/05 Larangan melaksanakan gotong royong kerja bhakti membersihkan tempat pemakaman umum (TPU) bersama para pemuda- pemuda di Dusun Petang Dua Desa Lancar Kecamatan Larangan. Minggu (21/1/18) pagi.

“Gotong royong merupakan budaya nenek moyang, budaya turun temurun yang sudah dilakukan oleh bangsa Indonesia, sebagai sarana untuk menggugah rasa kebersamaan, rasa tolong menolong, rasa kepedulian, rasa persatuan dan kesatuan maupun ajang silaturahmi antar sesama,” katanya.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan babinsa bersama para pemuda kali ini untuk membersihkan semak-semak berupa rumput maupun ranting dahan dari pohon yang tumbuh sekitar pemakaman umum.

“Tujuan menciptakan rasa nyaman dan menumbuhkan kembali rasa hormat kepada orang tua dan saudara yang telah mendahului kita serta sebagai sarana berinteraksi dan mempererat silaturahmi bersama warga,” kata Serda M. Fauzi

Ia berharap agar tradisi kebersamaan tetap dipertahankan guna membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan baik sarana dan fasilitas lainnya agar tetap bersih dan indah.

Maskur salah seorang tokoh pemuda setempat tidak percaya kalau kehadiran Babinsa bersama masyarakat melaksanakan pembersihan di pemakaman.

Danramil 0826/05 Larangan Kapten Inf Yainaroh menyampaikan, pihaknya selalu menekankan kepada jajarannya untuk selalu dekat dengan warga binaannya.

“Kita terapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, agar tidak ada jarak antara TNI dan Rakyat. TNI berasal dari Rakyat, Berjuang bersama Rakyat dan akan kembali kepada Rakyat, maka TNI dan Rakyat tidak akan dapat dipisahkan,” ujarnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.