Tim Saber Pungli Sumenep Bidik Realisasi Dana Desa

Ketua Tim Saber Pungli Sumenep, Kompol Sutarno
Advertisement

Sumenep, (Media Madura) – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai membidik realisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). 

Sebab, dana miliaran rupiah yang mengalir ke desa itu sangat rawan dengan penyimpangan, lantaran masih banyak Kepala Desa yang kurang memerhatikan aturan.

“Kalau tahun lalu kami memang masih mengedepankan pembinaan, walau juga melakukan penegakan, tapi untuk tahun ini kami akan lebih tegas lagi, terutama pada pengelolaan DD dan ADD itu,” ujar Ketua Tim Saber Pungli Sumenep, Kompol Sutarno.

Sutarno yang juga menjabat Wakapolres itu mengungkapkan, pada dua dampai tiga bulan terakhir ini, pihaknya telah melakukan pendampingan terhadap pengelolaan DD dan ADD di sejumlah desa. 

Kata Sutarno, pihaknya hanya menginginkan, dana yang dikucurkan langsung dari pemerintah pusat ke desa itu harus terealisasi dengan baik, sesuai keperuntukannya.

“Kami tidak menginginkan DD dan ADD itu direalisasikan secara asal-asalan. Misalnya, fasilitas yang dibangun itu hancur setelah berumur enam bulan, oleh karena itu, kita lakukan pendampingan,” katanya.

Ia berujar, jika kedepan ditemukan kepala desa yang masih main-main dengan DD, Tim Saber Pungli akan bertindak tegas. 

“Pendampingan kita selama ini sudah cukup, karena selain mendampingi, tim Saber Pungli juga harus bertindak tegas bagi mereka yang sengaja melakukan pelanggaran hukum,” tegasnya.

Sejak dibentuk, Tim Saber Pungli Kabupaten Sumenep memang masih belum terlihat greget. Tercatat, Saber Pungli Sumenep hanga sekali melakukan OTT, yakni petugas Pelabuhan Kalianget, namum para tersangka dilepas dengan alasan barang bukti terlalu kecil.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.