Taman Tectona Kini jadi Primadona Baru Destinasi Wisata di Sumenep

Taman Tectona

Sumenep, (Media Madura) – Salah satu destinasi wisata buatan, Taman Tectona di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kini mulai menjadi primadona baru para wisatawan, khususnya saat musim liburan.

Betapa tidak, objek wisata yang berlokasi di Desa Torbang Kecamatan Batuan itu dilaporkan berhasil menyedot belasan ribu pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru 2018.

“Ya, kalau dikalkulasi selama akhir Desember dan Tahun Baru, pengunjung lebih dari 15 ribu orang,” kata Manager Taman Tectona, F Riadi.

Fredy, sapaan karib F Riadi, menuturkan, peningkatan jumlah pengunjung mulai terjadi saat awal Desember lalu. Saat itu momentum Maulid Nabi dan musim liburan pondok.

Saat itu, pengunjung rata-rata 400 sampai dengan 500 saat hari biasa, dan bisa mencapai 1000 pengunjung saat akhir pekan.

“Setelah itu sempat menurun lagi, sampai pada liburan Natal jumlah pengnjung menanjak lagi, sehari bisa 1500 sampai 2000 pengunjung,” ceritanya.

Puncaknya, lanjut Fredy, pada hari tanggal 1 Jabuari 2018 sebagai puncak hari libur tahun baru, taman yang baru dibuka sekitar lima bulan lalu itu berhasil menyedot hingga 4000 pengunjung.

“Alhamdulillah jumlah pengunjung melebihi espektasi, mereka yang datang tidak hanya berasal dari Kabupaten di Madura, tapi juga banyak luar Madura,” ujarnya Sumringah.

Menurut Fredy, pengunjung Taman Tectona rata-rata terdiri dari anak-anak dan remaja, selebihnya adalah mereka yang datang bersama keluarga.

“Yang paling menarik minat wisatawan diantaranya rumah panggung, memang diluar dugaan kami, meski kita tarik karcis lagi ternyata rumah panggung ini disenangi pengunjung,” katanya.

Penelusuran media ini, faktor lain Tectona yang mengundang antusiasme pengunjung, karena berlibur kesana terbilang irit ke isi kantong. Untuk hari biasa bahkan akhir pekan, tiket masuknya hanya Rp 10 ribu.

Perbedaan tiket hanya terjadi saat hari libur besar, seperti saat libur lebaran dan tahun baru. Pengalola menaikkan tarif masuk menjadi Rp 15 ribu.

Selain rumah panggung, di taman tersebut juga menawarkan berbagai keindahan lainnya, seperti Gazebo, taman pemandian serta spot selfi yang menarik pengunjung berfoto ria.

Dengan besarnya minat wisatawan ke Taman Tectona, praktis semakin menambah daftar objek wisata populer di Sumenep.

Sebab, sudah ada Pantai Sembilan di Pulau Giligenting, Bukit Tinggi di Daramista Lenteng, Water Park Sumenep (WPS), Pulau Gili Labak dan Giliyang serta Pantai Lombang dan Slopeng.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.