Paslon Independen Mundur dari Pilkada Sampang

Dok/MM : Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Bakal pasangan calon jalur independen, Riko Sebastian Ariesta dan Mohammad Wasil, mundur dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sampang, Madura, Jawa Timur.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, mengatakan mundurnya paslon perseorangan di Pilkada Sampang setelah menandatangani surat pernyataan sehubungan diumumkannya hasil rekapitulasi dukungan dalam rapat pleno tingkat kabupaten.

“Ya memang tim Riko-Wasil mengeluarkan pernyataan tidak akan meneruskan pencalonannya di Pilkada Sampang karena kurangnya dukungan,” kata Syamsul usai rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan perseorangan hasil verifikasi faktual tingkat kabupaten, Sabtu (30/12/2017) pukul 13.00 WIB.

Syamsul menjelaskan, selain itu paslon perseorangan harus melengkapi dukungan sebanyak 91.078 dukungan jika tetap ingin melanjutkan ke Pilkada Sampang. Mengingat, paslon tersebut setelah dilakukan verifikasi faktual di 14 Kecamatan hanya mendapatkan 14.871 dukungan yang memenuhi syarat (MS).

Artinya, untuk mencapai dukungan minimal persyaratan perseorangan sebanyak 60.410 dukungan, Riko dan Wasil harus mengumpulkan
45.539 dukungan.

“Dengan kata lain bakal paslon ini masih kurang dukungan, maka harus menyerakan dua kali lipat dari 45.539 dukungan atau sebanyak 91.078 dukungan,” jelasnya.

Syamsul menuturkan, bisa saja bakal paslon tersebut berubah pikiran dan tetap melanjutkan. Karena KPU masih membuka pendaftaran peserta bakal paslon mulai tanggal 8-10 Januari 2018 besok.

Apabila melanjutkan mereka diberi tenggang waktu untuk melakukan perbaikan dan menyerahkan 91.078 dukungan.

“Kita lihat saja nanti aaat pendaftaran peserta, apa berubah pikiran untuk mendaftar, tapi melihat pernyataan tadi kayaknya tidak melanjutkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, KPU Sampang menetapkan syarat minimal dukungan paslon perseorangan dalam Pilkada Sampang 2018 adalah 7,5 persen dikali 805.459 pemilih atau menjadi 60.410 dukungan tersebar di 8 kecamatan.

Sedangkan pada penyerahan berkas dukungan ke KPU, Riko dan Wasil mengumpulkan sebanyak 62.394 dukungan tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang.

Setelah dilakukan verifikasi administrasi tersisa 58.023 dukungan dan hasil verifikasi faktual di 14 Kecamatan hanya tersisa 14.871 dukungan yang memenuhi syarat (MS).

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.