Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan mulai menggodok kemungkinan perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu tahun 2019 mendatang.

Penyelenggara pemilu ini mengundang secara khusus seluruh pihak khususnya partai politik untuk berdiskusi terkait kemungkinan perubahan Dapil. Di Kabupaten Pamekasan pada Pemilu Legislatif tahun 2014 lalu terdapat 5 Dapil yakni Dapil 1 meliputi Kecamata Kota Pamekasan dan Tlanakan, Dapil 2 meliputi Kecamatan Proppo dan Palengaan, Dapil 3 Meliputi Kecamatan Waru, Batumarmar dan Pasean, Dapil 4 yakni Kecamatan Kadur, Pakong dan Pegantenan serta Dapil 5 yakni Kecamatan Pademawu, Galis dan Larangan.

Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah menuturkan, perubahan Dapil masih dimungkinkan terjadi berdasarkan usulan dari partai-partai politik peserta pemilu tahun 2019. Jika seluruh Parpol menghendaki perubahan Dapil maka perubahan tersebut bisa terjadi.

“Tetapi kalau tidak ada keinginan dari Parpol maka tidak mungkin kita (KPU Pamekasan) mengadakan perubahan,” katanya ditemui usai acara Focus Group Discussion penataan daerah pemilihan Kabupaten Pamekasan yang digelar oleh KPU setempat di Hotel FrontOne. Jumat (29/12/2017) pagi.

Perubahan Dapil tersebut, kata Hamzah, dimungkinkan terjadi berdasarkan sejumlah faktor seperti yang diatur dalam Undang-undang Pemilu nomor 7 tahun 2017.

“Kita sampaikan kepada partai politik dan didiskusikan, apakah nantinya akan disepakati adanya perubahan atau tidak,” urainya.

Dikatakan, jika melihat jumlah penduduk di Kabupaten Pamekasan dimungkinkan tidak akan ada perubahan Dapil, tetapi bisa saja hanya akan ada perubahan yakni pengurangan dan penambaha kursi di satu Dapil ke Dapil yang lain.

“Tetapi penambahan kursi secara umum tidak ada. Dasarnya itu karena jumlah penduduk yang kurang dari 1 juta dan lebih dari 500 ribu, sehingga jumlah kursi tetap 45 di DPRD,” ulasnya.

Pihaknya masih akan kembali melakukan diskusi secara inten dengan Parpol dan semua pihak untuk mematangkan Dapil pada Pemilu tahun 2019 mendatang. Sehingga dalam waktu dekat berubah atau tidaknya Dapil bisa diputuskan.

Penulis : Arif
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.