Pamekasan, 28/12 (Media Madura) – Warga di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diajak membangun Desa Lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Akhmad Faishal mengatakan, upaya tersebut guna mendorong optimalisasi pembangunan desa melalui Dana Desa.

Program ini lahir karena banyak desa dianggap belum memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama kemampuan aparatur desa dan masih lemah dalam tata kelola desa.

“Program yang bakal menerjunkan tenaga pendamping ini bermaksud membantu aparat desa dan warga desa mempercepat peningkatan kesejahteraan desa,” Katanya saat acara Bursa Inovasi Desa, Kamis (29/12/2017) di Pendopo Ronggosukowati.

Ditambahkan oleh Faishal, dalam membangun desa, selain BUMDes juga butuh dukungan dari beberapa pihak, termasuk element organisasi kemasyarakatan.

“Libatkan masyarakat dalam pembangunan desa,” imbau Faishal.

Dari hal itu, desa diharapkan kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal melalui penguasaan teknologi dan berbagai pendekatan modern untuk mempercepat pembangunan desa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.