Kodim 0826 Pamekasan Gelar Program Tanam Padi Serentak

Advertisement

Pamekasan – Dalam rangka rangkaian Hari Juang Kartika ke-72 tahun 2017, Kodim 0826 Pamekasan melaksanakan gerakan tanam padi serentak dalam rangka mensukseskan target Nasional 3 juta hektar.

Program tersebut digelar untuk mensukseskan swasembada pangan nasional. Dengan tanam padi sistem jajar legowo bersama poktan Maju Desa Kodik Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto menuturkan acara tersebut digelar semata – mata untuk mendukung program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

“Intinya kita harus menyiapkan lumbung padi atau swasembada pangan nasional berupa beras yang berkualitas guna mencukupi kebutuhan pangan nasional dan kemungkinan untuk dapat ekspor beras,” katanya dalam acara yang dihadiri oleh Forkopimda tersebut.

“Pada dasarnya produksi kita tiap tahunnya selalu meningkat dengan dilaksanakannya kerja sama, MoU antara Menteri Pertanian dan TNI, tidak lain tujuan kita adalah untuk membantu instansi terkait, dinas pertanian agar lebih mudah menata, memproduksi serta menanam padi dengan para petani yang rata – rata tergabung dalam kelompok tani, dimana peran TNI, Babinsa adalah untuk mendampingi para petani dalam melaksanakan gerakan serentak tanam padi (Jajar Legowo) yang di canangkan oleh Dinas Pertanian Pamekasan,” sambungnya.

Dikatakan, kegiatan pertanian adalah sesuatu program yang mempunyai prospek kedepan yang cujup bagus, untuk itu kami juga ikut mengundang adik mahasiswa dengan tujuan agar mereka bisa tahu dan mengerti bahwa banyak pemahaman anak muda sekarang bahwa jadi PNS, TNI, Polri itu enak padahal pada intinya sama juga kita harus turun tangan seperti kegiatan yang saat ini kita lakukan yaitu harus turun kesawah bersama petani agar tujuan dari program pemerintah berhasil, selain itu agar mahasiswa nanti bisa berpola pikir dewasa jernih bahwa di jaman sekarang kita jangan terlalu mengharap pekerjaan tapi harus punya niat untuk menciptakan lapangan pekerjaan, salah satu dari itu bidang pertanian inilah yang harus kita majukan dan kita dukung.

Sementara itu, Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asyari menuturkan, penanaman padi juga perintah agama, seperti siapa yang menanam walaupun hasilnya hanya dimakan burung kita tetap dapat pahala dari Allah SWT, jadi yg kita harap berkah dari Allah, dengan bahasa lain walaupun gerakan serentak tanam padi ini adalah program pemerintah juga merupakan anjuran agama islam, untuk itu perlu kita dukung untuk kesuksesannya.

“Acara tanam serentak ini merupakan program pemerintah secara nasional yang pada intinya program ini harus kita dukung agar swasembada pangan daerah khususnya dan nasional umumnya harus selalu meninggkat,” paparnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.