Penderita AIDS di Sampang Capai 240 Orang

Sampang, (Media Madura) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencatat penderita penyakit menular berupa Acquiced Immune Deviciency Syndrome (AIDS) yang merupakan virus dari Human Immmunodeficiency Virus (HIV) di Sampang mencapai 240 orang.

“Ratusan orang itu terdata selama Januari sampai Oktober 2017, rinciannya 140 penderita laki-laki dan 100 penderita perempuan,” kata Sekretaris Dinkes Sampang Asrul Sani, Kamis (14/12/2017).

Asrul mengatakan, kriteria penderita usia produktif antara 20 hingga 49 tahun. Meski begitu pihaknya menyatakan ada sebanyak 193 penderita HIV/AIDS sudah dalam pengobatan dan 47 penderita lainnya sudah meninggal dunia.

“Yang terpenting untuk mengurangi penularannya dilakukan pencegahan khususnya pada remaja,” terangnya.

Selain itu, pihaknya mengaku telah melakukan sejumlah pencegahan tentang bahaya HIV/AIDS di Kabupaten Sampang. Dengan meminta agar masyarakat dan tokoh setempat ikut andil dalam mengurangi dan memberantas mata rantai yang terjadi saat ini.

Dirinya menuturkan, dari 14 Kecamatan di Kabupaten Sampang, penderita HIV/AIDS terbanyak tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sampang, Kedungdung dan Camplong.

“Penyebaran HIV/AIDS melalui hubungan seksual yang tidak aman dan penggunaan narkoba dengan jarum suntik, penderita HIV/AIDS biasanya memiliki beberapa gejala, di antaranya Tuberkulosis (TB) atau diare yang tidak kunjung sembuh,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.