Turis asing berkunjung ke Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali menjadi sasaran kapal pesiar pengangkut turis asing lantaran pesona wisata yang ditawarkan, Rabu (22/11/2017).

Kali ini, tidak hanya keraton Sumenep dan Masjid Jamik saja yang menjadi destinasi mereka, tapi mekeka juga mengunjungi Lapangan Giling guna menyaksikan Kerapan Sapi dan Sape Sonok.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disparbidpora) Sumenep, Sofiyanto, kedangan wisatawan manca kali ini adalah yang kesebelas selama tahun 2017 ini.

“Total ada 196 wisman, cuma karena kondisi air laut, mereka turun ke daratan secara bergelombang, tadi pagi sekitar 96 orang dan siang tadi 100 orang,” ujarnya.

Kata Sofi, ratusan wisman tersebut berasal dari beberapa negara di Eropa dan sebagian Asia, dan kunjungan kali ini merupakan yang terbanyak pada tahun ini.

“Ya, ini kunjungan yang terbanyak selama kunjungan wisman sejauh ini, mayoritas mereka berasal dari Prancis,” ungkapnya.

Yang positif dari kunjungan kali ini, lanjut Sofi, mereka sangat antusias dengan wisata, kebudayaan dan kesenian tradisional yang ada di Sumenep, khususnya yang telah ditampilkan di hadapan mereka.

“Jadi mereka sangat antusias dengan segala yang tradisional yang ada disini, sesuai dengan permintaan mereka, mereka juga mengaku senang datang ke Sumenep,” klaimnya.

Disamping itu, para wisman juga menunjukkan kesenangannya berkunjung ke Sumenep dengan melakukan transaksi, diantara yang mereka gemari adalah batik dan juga keris.

“Nah, ini yang paling penting, seperti yang kita lihat tadi, para wisman membelanjakan uangnya disini, ada Dolar dan terbanyak pakai mata uang Euro ya, kalau kita taksir mungkin transaksi diatas Rp 10 juta,” tandasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.